Makna Solidaritas Kalung Mutiara Kamala Harris

tim, CNN Indonesia | Kamis, 21/01/2021 09:05 WIB
Bukan cuma pakaian ungu yang jadi simbol penuh pesan dari Kamala Harris, tapi juga kalung mutiara yang dipakainya. Bukan cuma pakaian ungu yang jadi simbol penuh pesan dari Kamala Harris, tapi juga kalung mutiara yang dipakainya. (AP/Saul Loeb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kamala Harris dan pakaian ungunya mencuri perhatian banyak orang. Busana serba ungunya ini dirancang oleh desainer muda Amerika Christopher John Rogers.

Selain pesan dari baju ungunya, Harris juga memberikan penyataan lain lewat kalung mutiaranya. Sekilas perhiasan ini terlihat biasa, dalam hal, bukan hal aneh jika seorang perempuan memakai kalung mutiara.

Namun pada kenyataannya, ada pesan yang ingin disampaikan Harris lewat kalung mutiara ini. Kalung mutiara Harris dirancang oleh desainer asal Puerto Rico, Wilfred Rosado.


Bagi Harris, kalung mutiara ini merupakan bentuk penghormatan keanggotaan dan sisterhood dari Alpha Kappa Alpha, perkumpulan mahasiswa kulit hitam Yunani, Afrika, Amerika pertama di Howard University di Washington DC.

Dia memakainya sebagai simbol solidaritas kepada saudara perempuannya di kampusnya.

"Keluarga adalah Alpha Kappa Alpha yang saya cintai," katanya mengutip berbagai sumber.

Tak dimungkiri, Alpha Kappa Alpha disebut sebagai senjata rahasia Harris. AKA memiliki lebih dari 300 ribu anggota yang membantu menggalang dukungan untuknya.

"Mutiara melambangkan para pendiri kami, dan mutiara melambangkan keanggunan wanita, tetapi juga mutiara yang terbentuk di tiram dan ini terbentuk karena sebuah gangguan atau iritasi," ungkap Jill Louis, anggota dari Mahasiswa Alpha Kappa Alpha di almamater Harris, Howard University.

"Mutiara mewakili ketahanan, dan itulah kami wanita Alpha Kappa Alpha."

Harris telah menunjukkan kesetiaannya kepada AKA sejak 1986, ketika dia lulus dari Universitas Howard dengan mengenakan kalung dan anting mutiara, dan dia mengenakan mutiara untuk setiap penampilan publiknya yang signifikan sejak saat itu. Ini adalah kedipan mata untuk mahasiswi perkumpulan mahasiswi dan pengingat akan wanita perintis yang mendirikan AKA.

Meski demikian kalung mutiara yang dipakainya bukan cuma sekadar simbol. Harris adalah pencinta mutiara sejati. Dalam beberapa kesempatan resmi dia muncul dengan memakai kalung mutiara Tahiti hitam, untaian ganda mutiara putih dan, kalung rantai emas Irene Neuwirth dengan mutiara, yang ia kenakan saat dinominasikan sebagai wakil presiden dari Partai Demokrat pada 20 Agustus 2020 lalu.

(chs/chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK