9 Tanaman Hias Berwarna Ungu, Cocok untuk Hiasan Rumah

tim, CNN Indonesia | Rabu, 10/02/2021 17:17 WIB
Tidak semua tanaman hias didominasi warna hijau, terdapat sejumlah tanaman hias berwarna ungu yang cocok untuk mencerahkan rumah Anda. Tidak semua tanaman hias didominasi warna hijau, terdapat sejumlah tanaman hias berwarna ungu, yang cocok untuk menghias rumah. (Foto: iStockphoto/Olga Gubskaya)
Jakarta, CNN Indonesia --

Budidaya tanaman hias masih menjadi salah satu kegiatan terpopuler selama pandemi Covid-19. Tanaman hias tidak melulu berdaun hijau, ada banyak pilihan warna, termasuk ungu, merah muda atau pink, putih, dan lain sebagainya.

Berikut tanaman hias berwarna ungu yang dapat menjadi pilihan untuk mempercantik dekorasi rumah Anda:

1. Purple Shamrock (Oxalis triangularis)

tanaman oxalis triangularis  atau purple shamrockPurple shamrock merupakan tanaman hias berwarna ungu yang mudah dipelihara (Foto: iStockphoto/Aleksandr Pavlov)

Purple Shamrock atau dikenal dengan nama latin Oxalis triangularis memiliki daun kecil dan berdaun ungu. Sifatnya yang tidak rewel membuat Oxalis disukai para pencinta tanaman hias.


Bunga yang juga dikenal dengan sebutan 'tanaman cinta' ini juga bahkan dikenal sangat produktif. Meski berkembang secara lambat, tapi tanaman mudah menjalar ke berbagai sisi.

Selain warna daunnya yang ungu, keunikan tanaman hias ini adalah sifatnya yang fotofilik. Artinya, daun bakal terlipat di sepanjang batang pada malam hari dan akan terbuka kembali saat matahari terbit.

Sebagai tanaman tropis, Oxalis dapat tumbuh sempurna pada suhu 15-25 derajat celcius.

Oxalis tidak perlu terlalu sering disiram. Jika penyiraman terlalu banyak, akan membuat kondisi tanah jadi basah dan rentan membusuk.

Selama musim kemarau, cukup sirami bagian atas tanah yang terasa kering sekali dalam 1-2 hari. Tapi selama musim hujan, cukup sirami setiap dua hingga tiga kali dalam seminggu.

2. Purple Velvet (Gynura aurantiaca)

detail shot of some green Gynura leaves with violet fluffTanaman hias purple velvet memiliki daun yang berwarna ungu (Foto: iStockphoto/prill)

Purple Velvet atau tanaman beludru ungu yang memiliki nama latin Gynura aurantiaca. Disebut tanaman hias beludru karena ada bulu-bulu halus yang menutupi daunnya.

Sayangnya, tanaman ini akan kehilangan warna indahnya sekitar dua tahunan, seperti dikutip Apartment Therapy. Jadi, Anda mesti mengganti tanaman induk dengan menyebarkan cabangnya.

3. Persian Shield (Strobilanthes dyerianus)

bright violet colored leaves of a graden plant  the Strobilanthes dyerianusPersian shield masuk dalam kategori tanaman hias berwarna ungu (Foto: iStockphoto/mirror-images)

Strobilanthes dyerianus memiliki warna daun ungu yang sangat pekat, bahkan ada varietas tanaman dari Persian Shield ini yang bercorak neon.

Tanaman hias ini bisa ditanam di dalam maupun luar ruangan. Namun, warna ungunya bisa memudar jika ditempatkan di sinar matahari langsung.

4. Tradescantia pallida

[Gambas:Instagram]

Tradescantia pallida merupakan jenis tanaman Tradescantia yang daunnya berwarna ungu.

Untuk memperkaya warna ungunya, Anda mesti memberikan tanaman hias ini sinar Matahari yang cukup tetapi perlu diingat jangan dari paparan sinar Matahari langsung.

5. Coleus

[Gambas:Instagram]

Coleus merupakan tanaman hias yang bisa ditanam di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Warna ungunya akan terlihat sangat jelas ketika mendapat asupan sinar Matahari yang cukup.

Tanaman hias Coleus sangat mudah dikembang-biakkan. Warna ungunya yang indah, pastinya dapat mempercantik sudut rumah Anda.

6. Wandering Jew

Zebrina Purpusii; tradescantia zebrina; Nature backgroundTanaman hias berwarna ungu lainnya adalah wandering jew (Foto: iStockphoto/JoeyCheung)

Wandering Jew merupakan tanaman hias yang mudah dirawat. Tanaman ini memiliki sifat merambat. Untuk memperkaya warna keunguannya, tanaman ini mesti ditanam di tanah dengan pencahayaan rendah hingga sedang.

Anda bisa menanam tanaman Wandering Jew langsung di tanah maupun di dalam pot yang lembab, namun perlu diingat jangan membiarkan tanah mengering.

7. Ti Plant

[Gambas:Instagram]

Tanaman hias Ti Plant tidak hanya memiliki corak daun berwarna ungu tetapi juga kemerahan. Tanaman ini juga cocok untuk mempercantik sudut ruangan rumah Anda.

Ti Plant memiliki daun seperti tali yang beraneka ragam dengan garis-garis warna cerah seperti merah muda, putih, krem sampai warna ungu. Tanaman ini lebih menyukai sinar Matahari sedang dibanding langsung.

8. Rex Begonia

Fine flower begonia rex with the absraktny drawing on leaves on a white backgroundRex begonia masuk dalam kategori tanaman hias berwarna ungu (Foto: iStockphoto/Olesia Opymakh)

Rex Begonia memiliki warna ungu yang sayangnya tidak terlalu mencolok. Meski begitu, tanaman hias ini cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan.

Tanah yang terlalu basah dan penggunaan pupuk yang berlebihan dapat menyebabkan pembusukan dan rentan terhadap infeksi.

9. Lavender

Close Up of Beautiful Lavender blooming in early summer on a sunny day with soft background bokehTanaman hias lavender berwarna ungu cocok untuk menghias pekarangan rumah Anda (Foto: Istockphoto/nailiaschwarz)

Seperti yang Anda ketahui, tanaman lavender identik dengan tanaman hias berwarna ungu. Tanaman ini bisa menjadi hiasan rumah karena warnanya yang menawan. Selain itu, aromanya yang lembut dapat mengusir serangga seperti nyamuk.

Hal itu dikarenakan, bunga lavender mempunyai kandungan linalool dan linalyly ang tidak disukai oleh nyaman. Alasan itulah yang membuat pengharum ruangan atau pengusir nyamuk sering berasal dari bahan bunga lavender.

Jadi, untuk Anda yang rumahnya banyak nyamuk, sebaiknya tanam bunga lavender supaya mengurangi populasi nyamuk berkurang.

Lavender membutuhkan campuran tanah, pupuk, kompos, dan pasir untuk menanamnya. Serta tempatkan bunga lavender yang terkena cahaya matahari.

(din/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK