4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah

Tim | CNN Indonesia
Selasa, 02 Feb 2021 09:27 WIB
Minyak zaitun terkenal punya banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk salah satunya kesehatan kulit wajah. Berikut manfaat minyak zaitun untuk wajah. Ilustrasi. Minyak zaitun terkenal punya banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk salah satunya kesehatan kulit wajah. (stevepb/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Minyak zaitun terkenal punya banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk salah satunya kesehatan kulit wajah. Berikut manfaat minyak zaitun untuk wajah.

Minyak zaitun merupakan cairan yang diekstrak dari buah zaitun. Minyak jenis ini terkenal memiliki banyak kegunaan, salah satunya untuk memasak.

Tapi, tak hanya untuk memasak. Banyak orang mempertimbangkan penggunaan minyak zaitun untuk hal lainnya, salah satunya pelembap wajah.


Sebuah penelitian menemukan, mengoleskan minyak zaitun pada kulit tikus mengurangi risiko penyakit-penyakit kronis akibat paparan sinar ultraviolet berlebih.

Berikut manfaat minyak zaitun untuk wajah, mengutip berbagai sumber.

1. Kaya vitamin untuk kulit

Minyak zaitun memiliki beberapa manfaat untuk kulit. Mengutip Healthline, International Olive Council menyebut, minyak zaitun mengandung banyak vitamin seperti A, D, K, dan E yang bermanfaat untuk kulit.

Misalnya saja, vitamin E yang digunakan secara topikal dapat mengobati berbagai kondisi kulit seperti psoriasis dan eksim.

2. Bersifat antioksidan

Minyak zaitun juga bersifat antioksidan, sehingga dapat membantu mencegah kerusakan akibat paparan ultraviolet penyebab kanker.

Minyak zaitun tinggi akan kandungan squalene sebagai salah satu agen antioksidan yang tinggi. Kandungan squalene pada minyak zaitun bahkan disebut lebih tinggi dari jenis minyak lainnya.

3. Bersifat antibakteri

Minyak zaitun telah terbukti memiliki sifat antibakteri. Namun, hanya ada sedikit penelitian yang membuktikan kemampuan minyak zaitun untuk melawan bakteri pada kulit.

Mengutip Medical News Today, sebuah penelitian kecil mengamati efek penggunaan minyak zaitun dan minyak kelapa pada bakteri Staphylococcus aureus pada kulit. Hasilnya, kedua minyak tersebut menunjukkan sifat antibakteri. Tapi, minyak kelapa murni lebih efektif dalam membasmi bakteri.

4. Efek pelembap

Minyak zaitun adalah pelembap alami populer yang sering digunakan untuk melembutkan kulit dan rambut. Namun, baru ada sedikit penelitian yang memperlihatkan efektivitasnya.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun pada Kulit

Pelembap

Beberapa orang menggunakan minyak zaitun sebagai losion pelembap dengan mengoleskannya langsung ke kulit.

Eksfoliator

Untuk proses pengelupasan kulit, Anda dapat mencampurkan minyak zaitun dengan garam laut untuk membuat scrub.

Masker

Orang dengan kulit kering bisa menggunakan masker wajah berbahan dasar minyak zaitun. Campuran minyak zaitun dengan putih telur, madu, dan oat dapat melembutkan dan melembapkan wajah.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER