5 Tanaman Hias Bonsai Buah, Estetik dan Bisa Dimakan

fef, CNN Indonesia | Sabtu, 06/02/2021 14:42 WIB
Berikut 5 tanaman hias bonsai buah yang dapat Anda nikmati buah serta keindahan tanamannya yang estetik. Berikut 5 tanaman hias bonsai buah yang dapat Anda nikmati buah serta keindahan tanamannya yang estetik. (Ilustrasi tanaman hias bonsai buah apel. Foto: iStockphoto/esolla)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bonsai merupakan seni untuk menghasilkan miniatur pohon besar yang diletakkan di media pot. Pemilihan jenis tanaman untuk bonsai umumnya adalah pohon liar dengan dedaunan kecil dan lebat, kayu bergurat, berumur panjang, serta bentuknya yang estetik.

Namun tak cuma pohon liar besar yang dapat dijadikan bonsai. Tanaman buah pun bisa dijadikan miniatur dan tetap dapat menghasilkan buah sesuai dengan ukuran aslinya.

Meskipun tanaman hias bonsai buah memiliki ukuran pohon yang kerdil, mereka juga ditanam dari biji yang sama layaknya pohon biasa yang ada di kebun.


Hanya saja pemiliknya harus terus-menerus memangkas dan membentuk tanaman secara berkala agar muat di dalam pot kecil namun tetap terlihat alami.

Banner GIF Tips Merawat Tanaman Hias

Berikut rekomendasi tanaman berbuah yang dapat dibonsai. 

1. Tanaman Hias Bonsai Buah Apel

[Gambas:Instagram]

Pohon apel sangat cocok untuk dibudidayakan menjadi bonsai. Sebagian besar bonsai apel merupakan varietas apel hias, namun bisa juga menggunakan apel pada umumnya.

Keunggulan jenis bonsai yang berasal dari apel hias ini antara lain pertumbuhan kuat, berbunga bagus, dan menghasilkan banyak buah.

Bonsai apel umumnya menggunakan jenis crabapple atau malus. Tanaman apel ini buahnya berukuran kecil, sekitar 1-2 cm, sehingga sangat seimbang dengan ukuran pohonnya yang kerdil.

Ketika memutuskan merawat bonsai apel, pastikan posisi pertumbuhannya benar dan sering dipangkas. Bonsai apel juga perlu sering disiram, terlebih ketika pohon mulai berbuah, kebutuhan air akan meningkat.

Kondisi tanah harus tetap lembap namun tidak terlalu basah dan tidak sampai kering. Untuk pertumbuhan optimal, bonsai pohon apel perlu ditaburi pupuk minimal dua kali sebulan. Namun, ketika pohon mulai berbuah, hentikan pemupukan sementara waktu.


2. Tanaman Hias Bonsai Buah Lemon

Lemon tree with 8 fruit isolated on whiteFoto: iStockphoto/kazina
Ilustrasi. Tanaman hias bonsai buah lemon

Secara alami, pohon lemon dapat tumbuh setinggi 2,5-3 meter. Pohonnya memiliki daun hijau tua yang rimbun dengan bunga putih beraroma harum dan buahnya yang kuning segar.

Selain lemon, Anda juga bisa membonsai jeruk nipis yang pohon aslinya berukuran lebih kecil. Anda dapat mencoba menanam bonsai lemon maupun jeruk nipis langsung dari bijinya.

Merujuk Bonsai Tree Gardener, pohon lemon dikenal tumbuh relatif cepat dan cukup mudah diubah menjadi bonsai. Tanaman ini menyukai iklim dingin tapi tetap bisa bertahan meski tumbuh di bawah sinar matahari terik.

Jika dipangkas dengan benar, bonsai lemon dapat menghasilkan buah yang dapat dimakan dengan ukuran yang proporsional dengan pohonnya dan luar biasa memiliki kualitas yang mirip seperti buah lemon ukuran biasa.


3. Tanaman Hias Bonsai Buah Kesemek

[Gambas:Instagram]

Tanaman yang berasal dari Asia Timur dan Amerika Utara ini cukup familiar digunakan dalam budidaya bonsai.

Merujuk Sfgate, jenis kesemek yang paling sering dibonsai yaitu kesemek Amerika (Diospyros virginiana) dan kesemek Texas (Diospyros texana).

Salah satu tantangan membonsai pohon kesemek adalah cabangnya yang kadang tumbuh jarang-jarang. Jadi, sebelum memangkas cabang, pastikan cabang itu memang tidak dibutuhkan.

Perawatan bonsai kesemek sebenarnya mirip dengan bonsai lainnya yang menghasilkan bunga dan buah. Asalkan disiram secara teratur, kelembapan akarnya seimbang, serta menyesuaikan waktu pemupukannya.

Pohon kesemek tergolong tumbuh lambat yang kemungkinan hanya perlu dipindah pot (repotting) satu atau dua tahun sekali.

4. Tanaman Hias Bonsai Buah Delima

100+ year old bonsai pomegranate tree, with one pomegranate. Picture is slightly toned and styled.Foto: iStockphoto/SharonCobo
Ilustrasi tanaman hias bonsai buah delima

Tanaman dengan nama ilmiah Punica granatum ini sangat populer bagi pencinta bonsai. Pohon delima memiliki bunga dan buah yang mencolok, dan berbatang tebal.

Guratan khas pada kayunya memberikan kesan kuno yang sangat diminati di kalangan perbonsaian. Delima ini memang ditanam untuk menghasilkan buah sekaligus sebagai pohon hias.

Ada banyak varietas dengan warna, bentuk, dan ukuran bunga dan buah yang berbeda. Pohon delima membutuhkan suhu hangat agar tumbuhnya optimal, bahkan bisa mencapai umur ratusan tahun.


5. Tanaman Hias Bonsai Buah Murbei

[Gambas:Instagram]

Pertumbuhan batang utama pohon murbei ini terbilang khas lantaran cenderung bengkok atau meliuk dengan akar yang tampak di permukaan tanah.

Seiring waktu batang murbei berkeriput, namun punya daun yang menarik dan buah yang lezat.

Murbei tumbuh subur di luar maupun dalam ruangan asalkan selalu mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Kemudian, jangan biarkan tanah menjadi sangat kering.

Perawatan tanaman murbei bisa dibilang susah-susah gampang. Meski pohon ini tergolong cepat tumbuh, namun daunnya rentan habis digerogoti oleh ulat.

Dengan memiliki tanaman hias bonsai buah, Anda akan mendapat dua keuntungan sekaligus, yakni memanen buahnya serta memanfaatkan keberadaan pohonnya yang cantik sebagai hiasan di kantor, balkon, atau ruang tamu.

Merawat dan menanam pohon bonsai tentu bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan komitmen seumur hidup agar tanaman terus berkembang dan berbuah.

(fef)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK