7 Makanan yang Dapat Membuat Berat Badan Turun

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 04/02/2021 05:50 WIB
Makanan sehat umumnya rendah kalori dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Berikut makanan yang membuat berat badan turun yang bisa ditambahkan ke menu diet. Makanan sehat umumnya rendah kalori dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Berikut makanan yang membuat berat badan turun yang bisa ditambahkan ke menu diet. (Foto: Stocksnap/Krzysztof Puszczynski)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kunci keberhasilan menurunkan berat badan yakni dengan diet seimbang dan berolahraga teratur. Namun masalahnya, tidak semua orang memiliki waktu yang cukup untuk pergi ke gym atau berolahraga rutin setiap hari.

Cara lain yang dapat dicoba agar mencegah kenaikan berat badan sekaligus menjaga kesehatan tetap optimal adalah dengan mengubah menu masakan harian.

Ada sejumlah makanan yang dapat membuat berat badan turun meski tanpa berolahraga. Makanan sehat umumnya lebih rendah kalori dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.


Berikut makanan yang membuat berat badan turun yang bisa ditambahkan ke menu diet Anda setiap hari, melansir berbagai sumber.

1. Telur

Ilustrasi merebus telurFoto: Jakub Kapusnak/FoodiesFeed
Ilustrasi. Telur adalah makanan yang membuat berat badan turun

Telur memiliki sumber nutrisi pembakar lemak yang disebut kolin. Telur juga merupakan sumber protein tinggi tanpa lemak.

Menu telur juga dapat dibuat dalam banyak variasi tanpa mengurangi nilai gizinya. Namun yang terbaik adalah mengolahnya tanpa digoreng.

2. Tomat

Ilustrasi buah tomatFoto: Pexels
Ilustrasi. Tomat adalah makanan yang membuat berat badan turun

Meskipun disebut sebagai buah, umumnya orang memakan tomat layaknya sayuran. Tomat kaya akan kandungan antioksidan likopen dan betakaroten juga merupakan sumber vitamin C, kalium, folat, dan vitamin K, melansir Healthline.

Buah tomat banyak dikaitkan dengan manfaat kesehatan termasuk penurunan risiko penyakit jantung dan kanker. Kebanyakan orang memakan tomat dengan menjadikan menu salad, jus tanpa gula, atau langsung dimakan sebagai camilan.

3. Ubi

Ilustrasi ubi unguFoto: Istockphoto/ Naito8
Ilustrasi. Ubi adalah makanan yang membuat berat badan turun

Sama seperti tomat, ubi juga kaya kandungan antioksidan betakaroten yang berfungsi meningkatkan kadar vitamin A dalam darah. Ubi jalar memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan karbohidrat.

Tingginya karbohidrat membuat kenyang lebih lama karena membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna.

Meski kaya akan vitamin C, B6, B5, E, dan mineral seperti potassium namun ubi kurang cocok dikonsumsi mereka yang memiliki diabetes tipe 2.

Cara menyajikan ubi untuk diet bisa dengan direbus, dikukus, atau dipanggang.

4. Selai Kacang

Ilustrasi Selai KacangFoto: stevepb/Pixabay
Ilustrasi. Selai kacang adalah makanan yang membuat berat badan turun

Selai kacang sejak lama dikenal sebagai sumber protein nabati yang baik dan kuat dalam meningkatkan metabolisme tubuh.

Meski memiliki kandungan lemak yang tinggi di setiap sendoknya, namun mengonsumsinya justru membantu menurunkan berat badan alih-alih menambah berat badan.

Hal ini dikarenakan dalam kacang-kacang mengandung lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, yang dapat membantu kenyang lebih lama sekaligus baik bagi jantung juga kondisi kesehatan lainnya.

5. Kacang Merah

Ilustrasi Kacang MerahFoto: wuzefe/Pixabay
Ilustrasi. Kacang merah adalah makanan yang membuat berat badan turun

Kacang merah termasuk makanan yang dapat membuat berat badan turun. Tingginya kandungan karbohidrat pada sari kacang merah membuat pencernaan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencernanya sehingga perut akan terasa kenyang lebih lama setelah makan kacang merah.

Selain itu kacang merah juga kaya akan protein dan tinggi serat yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan menyehatkan jantung. Kacang merah akan kaya mineral seperti folat, zat besi, potasium, dan vitamin K1.

Orang Indonesia umumnya memakan kacang merah dalam bentuk sup dan bubur kacang merah. Agar tidak bosan Anda bisa memvariasikannya sebagai campuran dalam menu salad.

6. Cokelat Hitam

Chocolate chunks on a stone backgroundFoto: Istockphoto/solidcolours
Ilustrasi. Cokelat hitam adalah makanan yang membuat berat badan turun

Cokelat hitam atau yang lebih dikenal dengan dark chocolate telah sejak lama diketahui sebagai camilan diet sehat.

Kandungan pada cokelat hitam menyehatkan jantung dan usus dan mengurangi potensi seseorang terkena diabetes. Cokelat hitam yang baik untuk diet adalah cokelat hitam dengan kandungan kakao 70 persen.

Keuntungan lain mengkonsumsi cokelat hitam bagi kesehatan adalah kaya antioksidan, meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah, mengurangi resiko terkena serangan jantung, baik untuk kesehatan kulit serta meningkatkan fungsi otak.

7. Brokoli

Ilustrasi BrokoliFoto: Meditations/Pixabay
Ilustrasi. Brokoli adalah makanan yang membuat berat badan turun

Sayuran berbentuk seperti rambut afro ini merupakan sayuran diet terfavorit karena mudah dan cepat disajikan.

Brokoli merupakan makanan peningkat metabolisme yang kaya kandungan kalsium, potasium, fosfor, selenium, protein, serat, vitamin C, A, K,dan B9.

Brokoli kaya akan antioksidan yang memberikan perlindungan kesehatan, melindungi diri dari jenis kanker tertentu, dan penyakit kronis lainnya.

Itulah 7 makanan yang membuat berat badan turun dengan cepat yang tentunya mudah ditemui di sejumlah pasar tradisional dengan harga yang cukup terjangkau. Selamat mencoba.

(imb/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK