Jokowi Lapor Gratifikasi Jam Bovet, Harga Ditaksir Rp4,7 M

tim, CNN Indonesia | Senin, 15/02/2021 17:19 WIB
Dalam salah satu benda gratifikasi yang dilaporkan Jokowi terdapat sebuah jam tangan Bovet AIEB001 dengan harga US$340,500 atau sekitar Rp4,7 miliar. Dalam salah satu benda gratifikasi yang dilaporkan Jokowi terdapat sebuah jam tangan Bovet AIEB001 dengan harga US$340,500 atau sekitar Rp4,7 miliar. (www.bovet.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Jokowi melaporkan barang gratifikasi senilai Rp8,78 miliar kepada negara. Dalam salah satu benda yang dilaporkan terdapat sebuah jam tangan Bovet AIEB001. Mengutip Watches of Switzerland jam tangan ini memiliki harga US$340,500 atau sekitar Rp4,7 miliar.

Bovet (dilafalkan Bo-Wei) merupakan salah satu jenis jam tangan mewah yang asal Swiss. Brand ini mungkin bukan salah satu merek yang banyak dikenal, namun merupakan salah satu yang mewah dan mahal. Jam tangan ini dibuat dari berbagai material mewah.

Bovet termasuk jam tangan yang berperan besar pada evolusi haute horlogerie (sama seperti haute couture, haute horlogerie merupakan standar paling tinggi di dunia jam tangan, yang berarti jam tangan kelas atas).


Jam tangan ini didominasi dengan warna biru dan emas. Bagian strap-nya dengan kulit buaya dan diberi warna biru. Sedangkan bagian ring luar (case) dibuat dengan lapisan rose gold 18 karat.

Dengan tipe jam tangan mekanik, double face tourbilon, jam tangan ini memiliki teknologi water resistant sampai kedalaman 30 meter. Jam tangan Bovet AIEB001, salah satu gratifikasi yang dilaporkan Presiden Jokowi ini memiliki harga Rp4,3 M, dikutip dari laman Watches of Switzerland.

Jam tangan Bovet AIEB001 ini juga termasuk produk limited edition yang hanya dibuat sebanyak 60 buah saja.

Mengutip laman resminya, Maison Bovet sudah berdiri sejak 1 Mei 1822 oleh pembuat arloji berpengalaman Frédéric, Alphonse, dan Edouard Bovet. Mereka berkelanan ke China dan membawa empat arloji. Seorang kolektor Cina membeli empat buah itu masing-masing seharga 10.000 franc Swiss, yang setara dengan 1 juta franc Swiss saat ini.

Saat ini, Maison Bovet dipimpin oleh pascal Raffy sebagai CEO. Pascal Raffy dan para pengrajin di pabriknya secara alami memilih untuk merancang dan membuat jam tangan yang didedikasikan untuk traveling.

Antusiasme pembuatan jam tangan Bovet bersaudara dengan cepat mencapai Kaisar, dan kemudian istananya, dan tak lama kemudian pekerjaan mereka telah memikat bangsa. Dampaknya sedemikian rupa sehingga Bovet identik dengan jam tangan kelas atas dalam bahasa Mandarin sehari-hari.

(chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK