6 Tanaman Hias yang Aromanya Menenangkan, Bikin Ruangan Segar

CNN Indonesia | Senin, 22/02/2021 09:15 WIB
Tak hanya cantik dan enak dilihat, beberapa tanaman hias memiliki aroma lembut yang mampu memberikan ketenangan. Ilustrasi. Tak hanya cantik dan enak dilihat, beberapa tanaman hias memiliki aroma lembut yang mampu memberikan ketenangan. (iStockphoto/KenWiedemann)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ruangan dengan aroma yang lembut bisa menimbulkan rasa nyaman tersendiri. Tak harus selalu menggunakan pewangi ruangan, beberapa tanaman hias berikut memiliki aroma khas yang bisa menyebar ke seluruh ruangan.

Ada banyak alasan menaruh tanaman hias di dalam rumah. Mulai dari memperindah ruangan, membersihkan udara, hingga menambah aroma tertentu dalam ruangan.

Faktanya, tak hanya cantik dan enak dilihat, beberapa tanaman hias memiliki aroma yang memberikan ketenangan.


Berikut beberapa tanaman hias dengan aroma yang menenangkan, mengutip Better Homes & Garden.

1. Geranium

Tak hanya memiliki bunga-bunga yang cantik dengan berbagai warna, geranium juga mengeluarkan aroma yang tak kalah cantik. Tanaman dengan nama ilmiah Pelargonium ini juga hadir dengan dedaunannya yang lembut dan berbulu halus.

Tempatkan geranium di area terang yang terkena sinar matahari dan siram secara teratur.

2. Melati Arab

Bunga melati Arab (Jasminum sambac) mekar sepanjang tahun jika mendapatkan cahaya yang cukup. Bunganya yang berwarna putih mengeluarkan aroma yang lembut dan biasa digunakan untuk teh.

Tempatkan melati Arab di area yang terang dan terlindung dari angin. Sirami secara teratur, beri pupuk saat musim kemarau tiba.

Perlu diingat, melati Arab adalah tanaman yang merambat. Anda bisa menggunakan teralis jendela sebagai tempat merambatnya batang.

Leaves on an Australian eucalyptus gum treeIlustrasi. Saat digosok, daun eucalyptus akan mengeluarkan aroma kayu putih yang menyengat. (Istockphoto/Getty Images/davidf)

3. Eucalyptus

Eucalyptus (Eucalyptus cinerea) memang tak dikenal sebagai tanaman hias yang biasa ditaruh di dalam rumah. Tapi, asalkan ditempatkan di area yang terang, tanaman ini bisa tumbuh dengan cantik.

Eucalyptus menghadirkan daun yang berwarna biru keabu-abuan. Saat digosok, daun akan mengeluarkan aroma kayu putih yang menyengat.

4. Bunga gardenia (kacapiring)

Dikenal sebagai salah satu tanaman yang paling harum, namun gardenia (Gardenia augusta) membutuhkan perawatan yang agak rumit.

Gardenia memiliki daun yang hijau mengkilap dengan bunga berwarna putih yang mengeluarkan aroma bunga yang kental.

Namun, Gardenia menyukai lingkungan lembap dan sangat cerah. Sirami dan beri pupuk secara teratur di musim kemarau. Lindungi gardenia dari angin panas dan dingin.

5. Begonia

Kebanyakan tanaman begonia tak memiliki aroma yang khas. Namun, beberapa varietas seperti 'tea rose' menawarkan aroma lembut di atas dedaunan berwarna hijau dan merah muda yang berkilau.

Tempatkan begonia di area dengan cahaya sedang hingga terang dengan tingkat kelembapan yang tinggi. Jauhkan pula begonia dari paparan angin. Jaga tanah tetap lembap untuk pertumbuhan terbaik.

6. Anggrek oncidium

Anggrek oncidium termasuk salah satu jenis tanaman anggrek dengan perawatan yang mudah.

Selain mudah dirawat, tanaman ini juga memiliki bunga dengan berbagai warna dan ukuran saat mekar. Aroma yang dihadirkan biasanya tergantung warna dan ukuran. Beberapa mengeluarkan aroma cokelat yang khas, sementara beberapa lain mengeluarkan aroma herbal.

Tempatkan anggrek oncidium di area yang mendapatkan cahaya sedang hingga terang dengan tingkat kelembapan tinggi.

(asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK