4 Manfaat Kesehatan dengan Membantu Orang Lain

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 25/02/2021 20:36 WIB
Studi membuktikan bahwa membantu orang lain dapat meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan. Ilustrasi. Studi membuktikan bahwa membantu orang lain dapat meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan. (iStockphoto/Halfpoint)
Jakarta, CNN Indonesia --

Membantu orang lain tak hanya bermanfaat bagi orang yang menerima bantuan, tapi juga si penolong. Studi membuktikan bahwa membantu orang lain dapat meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan pemberi bantuan.

Berikut manfaat kesehatan membantu orang lain.

1. Meredakan stres

Membantu orang lain dapat meredakan stres. Saat mengulurkan tangan, otak akan memberikan penghargaan dengan mengeluarkan zat yang menimbulkan rasa senang.


Zat dan perasaan ini dapat meredakan stres dan mengurangi depresi. Proses ini juga dapat mengurangi risiko gangguan kognitif.

2. Mengurangi tekanan darah

Studi menunjukkan, membantu orang lain misalnya dengan memberi sumbangan atau berdonasi dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

3. Mengurangi rasa sakit

Penelitian menunjukkan, membantu orang lain dapat mengurangi nyeri atau rasa sakit yang sedang dialami. Dikutip dari CNN, hal ini terjadi karena bagian otak yang mengirimkan sinyal rasa sakit menjadi nonaktif saat membantu orang lain dengan ikhlas.

4. Bahagia

Membantu orang lain juga menimbulkan rasa bahagia di dalam diri. Perasaan bahagia ini dapat bermanfaat meningkatkan imunitas dan menjaga organ-organ di dalam tubuh dari kerusakan.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa membantu orang lain dengan ikhlas dan tanpa pamrih. Membantu orang juga tak harus pada orang yang Anda kenal. Ada banyak cara melakukan kebaikan, hal-hal kecil sangat berarti bagi orang-orang yang membutuhkan.

(ptj/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK