Tentang 'Superfood' yang Tidak Selalu Bergizi Super

CNN Indonesia | Selasa, 23/02/2021 17:01 WIB
Istilah 'superfood' begitu nge-tren di dunia kesehatan. Istilah ini merujuk pada kelompok makanan yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Ilustrasi. Salmon menjadi salah satu superfood yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. (iStockphoto/Imagesbybarbara)

Ada beberapa makanan yang mendapatkan predikat superfood. Berikut di antaranya.

1. Salmon

Salmon terkenal sehat karena mengandung asam lemak omega-3 yang dikenal dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga berat badan ideal.

Padahal, kandungan omega-3 yang tinggi tak hanya terdapat pada salmon. Ikan kembung juga disebut memiliki kandungan omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan.


2. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti kale, brokoli, sawi, dan bayam dikenal dengan predikat superfood-nya. Sayuran tersebut kaya akan serat, kalsium, folat, zinc, serta berbagai vitamin seperti A, C, dan K. Selain itu, kandungan antioksidan yang ada di dalamnya juga dipercaya dapat mencegah peradangan dalam tubuh.

3. Beri

Semua jenis buah beri dikenal sebagai superfood. Buah beri kaya akan antioksidan.

4. Bawang putih

Tak hanya dikenal sebagai salah satu bumbu dapur, bawang putih juga mendapatkan predikat superfood. Sama seperti lainnya, berbagai kandungan yang ada di dalam bawang putih dianggap dapat membantu menurunkan berbagai risiko penyakit, termasuk mengontrol kolesterol dan tekanan darah.

5. Teh hijau

Teh hijau dikenal akan kandungan antioksidan-nya yang dapat mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit kronis.

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun kerap digunakan sebagai minyak goreng oleh orang-orang yang sedang menjalani program diet. Sama seperti lainnya, minyak zaitun memiliki beragam khasiat karena kandungan antioksidan, vitamin E, dan vitamin K.

7. Kacang

Kacang-kacangan menjadi salah satu sumber protein nabati terbaik yang masuk ke dalam superfood. Akan tetapi, kacang memiliki kalori yang tinggi sehingga asupannya harus dibatasi.

(asr)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK