5 Cara Alami untuk Meredakan Diare

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 27/02/2021 00:00 WIB
Diare membuat perut terasa tak nyaman. Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk meredakan diare. Ilustrasi. Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk meredakan diare. (iStockphoto/yacobchuk)
Jakarta, CNN Indonesia --

Diare membuat perut terasa tak nyaman. Ada beberapa cara alami untuk meredakan diare tanpa obat-obatan.

Diare merupakan gangguan sistem pencernaan yang membuat keinginan buang air besar muncul terus menerus. Diare juga membuat kondisi feses lebih encer dari biasanya.

Diare umumnya berlangsung dalam hitungan jam atau hari. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah untuk meredakan diare.


Berikut beberapa cara alami meredakan diare.

1. Konsumsi serat larut

Sebenarnya, tak ada makanan yang benar-benar bisa menghentikan diare. Namun, mengutip Live Strong, beberapa makanan bisa membantu membersihkan pencernaan.

Saat mengalami diare, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan serat larut sehingga makanan akan bergerak lebih lambat lewat sistem pencernaan. Sisa makanan pun akan terkunci dan lebih padat. Makanan dengan kandungan serat larut antara lain, oat, kacang-kacangan, apel, jenis buah-buahan sitrus, wortel, dan barley.

2. Makanan tawar

Untuk diare yang cukup berat, konsumsi makanan yang tawar dan mudah dicerna disebut membantu pemulihan.

Sisihkan sementara menu makanan yang kaya akan bumbu dan saus. Sebaliknya, konsumsi makanan dengan protein ringan seperti ayam, ikan, telur, kentang tumbuk (mashed potato), nasi, mi, selai kacang, dan sayuran yang dimasak hingga mudah dicerna.

3. Menambahkan probiotik pada makanan

Mengutip dari Medical News Today, sebaiknya konsumsi makanan dengan kandungan probiotik.

Probiotik merupakan mikroorganisme yang bermanfaat bagi sistem pencernaan dengan mendukung kerja usus dan membantu melawan infeksi.

Pada 2010, sebuah tinjauan sistematis menemukan, probiotik mempersingkat durasi pemulihan dari diare.

Probiotik dapat Anda temukan pada yogurt atau makanan fermentasi lainnya.

4. Hidrasi tubuh

Diare membuat seseorang kehilangan banyak cairan dan elektrolit. Pemulihan dari diare harus diimbangi dengan asupan cairan.

Tidak hanya air biasa, Anda disarankan untuk minum air dengan campuran gula dan garam. Campuran ini akan membantu usus menyerap cairan dengan efektif sehingga mampu menolong tubuh dari dehidrasi lebih cepat.

Minuman lain juga dinilai potensial untuk menangani dehidrasi seperti sports drink dan jus buah.

5. Menghindari jenis makanan tertentu

Beberapa jenis makanan tertentu sebaiknya dihindari sementara demi mendukung proses pemulihan tubuh. Jenis makanan yang perlu dihindari antara lain:

Pemanis buatan

Makanan dengan pemanis buatan bisa memperburuk diare. Pemanis buatan atau pengganti gula biasanya mengandung aspartame atau Splenda yang malah bisa memicu diare karena kemampuannya menarik air ke usus.

Gorengan

Makanan tinggi lemak dan berminyak juga cenderung sulit dicerna dan bisa memicu diare. Tak hanya gorengan, hindari pula makanan tinggi lemak lainnya seperti junk food, daging olahan, dan lain-lain.

Makanan pedas

Makanan pedas dengan komponen capsaicin di dalamnya bisa mengiritasi saluran usus sehingga proses pencernaan menjadi lebih cepat. Tak heran jika makanan pedas bisa langsung memicu diare pada sebagian orang.

Kafein

Konsumsi kafein bisa mempercepat pencernaan. Saat sisa olahan makanan didorong dengan cepat, usus tidak sempat menyerap cairan sehingga feses menjadi lebih cair.

Lakukan beberapa cara alami di atas untuk meredakan diare.

(els/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK