Studi: Menelepon 10 Menit Hilangkan Rasa Kesepian

tim, CNN Indonesia | Minggu, 28/02/2021 20:27 WIB
Studi terbaru menunjukkan berbicara di telepon selama 10 menit beberapa kali dalam seminggu dapat mengurangi kesepian. Studi terbaru menunjukkan berbicara di telepon selama 10 menit beberapa kali dalam seminggu dapat mengurangi kesepian. (Buechewurm_65/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pandemi Covid-19 membuat rasa kesepian semakin membuncah. Anda bisa mengatasi kesepian dengan menelepon orang lain. Studi terbaru menunjukkan berbicara di telepon selama 10 menit beberapa kali dalam seminggu dapat mengurangi kesepian.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal JAMA Psychiatry dilakukan pada 240 partisipan. Setengah peserta menerima telepon dari relawan selama satu bulan.

Peserta dapat berbicara apa saja kepada relawan. Para relawan itu dilatih untuk merespons dengan komunikasi empati yakni mendengarkan secara aktif dan mengajukan pertanyaan tentang hal yang dibicarakan peserta.


Para peserta rata-rata menelepon selama 10 menit dalam 5 hari seminggu.

Hasilnya, rasa kesepian partisipan berkurang hingga 20 persen. Penelitian ini juga menemukan kecemasan menurun hingga lebih dari 30 persen dan depresi juga berkurang hampir 24 persen.

Peneliti Maninder Kahlon menjelaskan hal ini terjadi karena peserta memiliki kontrol dan dapat membicarakan apa saja dalam pembicaraan tersebut.

Kahlon menyarankan agar orang yang kesepian dapat menelepon orang lain seperti keluarga atau teman yang dipercaya.

"Pilih orang yang tidak menghakimi dan benar-benar tertarik untuk mendengarkan Anda," kata Kahlon, dikutip dari CNN.

(ptj/chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK