6 Manfaat Daun Kelor untuk Kulit Wajah

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 25/02/2021 08:16 WIB
Daun kelor dikenal sebagai salah satu 'superfood' yang punya banyak khasiat, salah satunya untuk kulit wajah. Berikut manfaat daun kelor untuk kulit wajah. Ilustrasi. Daun kelor dikenal sebagai salah satu 'superfood' yang punya banyak khasiat, salah satunya untuk kulit wajah. Berikut manfaat daun kelor untuk kulit wajah. (Iskandar63/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Daun kelor dianggap sebagai salah satu 'superfood' yang punya banyak khasiat. Salah satunya, manfaat daun kelor untuk wajah.

Kelor (Moringa oleifera) merupakan tanaman yang berasal dari wilayah India, Pakistan, Bangladesh, dan Afghanistan. Bagian daun, kulit kayu, bunga, buah, biji, dan akarnya digunakan sebagai bahan obat.

Selama berabad-abad, kelor telah digunakan karena khasiat obat yang dimilikinya. Daun satu ini juga memiliki sifat antijamur, antivirus, antidepresan, dan anti-inflamasi.


Kelor mengandung banyak senyawa menyehatkan seperti vitamin, folat, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, dan seng. Kelor juga sangat rendah lemak dan tak mengandung kolesterol berbahaya.

Tak hanya itu, kelor juga memiliki senyawa antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Namun, tak hanya untuk kesehatan fisik. Kelor juga memberikan beberapa khasiatnya untuk kulit wajah Anda. Salah satunya adalah dengan penggunaan masker kelor.

Berikut manfaat daun kelor untuk wajah, mengutip berbagai sumber.

1. Memperlambat penuaan

Minyak dan bubuk daun kelor digunakan secara topikal pada wajah untuk mencegah keriput dan kerusakan akibat radikal bebas pada kulit.

Mengutip NDTV, kelor dapat membantu mengencangkan kulit wajah sekaligus mengurangi kerutan dan noda. Kesemuanya membuat Anda terlihat lebih muda.

Hal ini didapat berkat kandungan antioksidan yang tinggi pada kelor. Antioksidan yang ada pada kelor menetralkan radikal bebas yang merusak sel-sel pada kulit.

2. Meratakan warna kulit

Kelor diketahui dapat membantu memperbaiki warna kulit yang belang, salah satunya dengan mencegah noda. Anda bisa mengoleskan pasta daun kelor ke area flek atau noda hitam pada wajah.

3. Mengatasi jerawat

Kelor juga diketahui dapat mencegah timbulnya jerawat karena sifat antibakteri yang dimilikinya. Efek yang sama juga bisa didapat jika Anda mengoleskan pasta daun kelor ke area jerawat.

Hal tersebut didapat dari sifat antioksidan yang dimiliki daun kelor. Stres oksidatif dapat memicu peradangan pada kulit dan menyebabkan jerawat. Antioksidan berperan dalam melawan stres oksidatif.

4. Meningkatkan pembentukan kolagen alami

Kelor mengandung vitamin C yang sangat tinggi, bahkan lebih banyak daripada jeruk. Vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen secara alami.

Mengutip Mind Body Green, dengan kata lain, kelor mendukung kemampuan kulit untuk memperbaiki diri sendiri dan mempertahankan keremajaan kulit.

Manfaat kelor terkait kolagen juga pernah diamati dalam sebuah penelitian kecil. Dalam studi itu, peserta mendapatkan olesan ekstrak kolagen pada wajah. Setelah tiga bulan, ditemukan bahwa pembentukan kolagen meningkat dan kulit semakin elastis.

5. Mengatasi kulit berminyak

Kandungan antioksidan pada kelor dapat mengurangi stres dan peradangan yang biasanya dapat memicu produksi minyak.

Selain itu, sifat antioksidan pada kelor juga mengatur ketidakseimbangan hormon yang disebabkan oleh stres oksidatif. Ketidakseimbangan ini diketahui dapat memengaruhi kulit, terutama dalam produksi minyak dan peradangan atau jerawat. Antioksidan pada kelor membantu meredakan efek tersebut.

6. Mengatasi kulit kering

Kelor mengandung vitamin B yang berperan sebagai humektan alami. Artinya, kelor dapat menarik air ke lapisan terluar kulit. Minyak kelor yang meresap ke dalam jaringan kulit dapat membantu mengembalikan kelembapan.

Manfaat daun kelor untuk wajah salah satunya bisa didapat dengan penggunaan masker wajah.

Cara Membuat Masker Daun Kelor

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK