5 Peregangan yang Dapat Dilakukan Sebelum Tidur

tim, CNN Indonesia | Jumat, 26/02/2021 20:35 WIB
Berikut 5 peregangan yang dapat dilakukan sebelum tidur, membantu tubuh lebih rileks dan tidur lebih berkualitas. Ilustrasi. Peregangan sebelum tidur membantu tubuh lebih rileks dan tidur lebih berkualitas. (iStock/Vera_Petrunina)
Jakarta, CNN Indonesia --

Beraktivitas seharian dapat membuat tubuh tegang. Oleh karena itu, lakukan sejumlah peregangan sebelum tidur. Meregangkan otot dapat membantu tubuh lebih rileks dan membuat tidur lebih cepat serta berkualitas.

Studi menunjukkan peregangan sebelum tidur membantu seseorang memusatkan perhatian pada napas dan tubuh, sehingga stres yang dialami sepanjang hari dapat teralihkan. Kondisi ini membantu tidur lebih baik.

Tidak hanya itu, peregangan sebelum tidur juga dapat membantu meredakan ketegangan otot dan mencegah kram yang dapat mengganggu tidur.


Berikut 5 peregangan yang dapat dilakukan sebelum tidur, sebagaimana dilansir dari Healthline.

1. Bear hug

Bear hug merupakan gerakan peregangan yang dilakukan dengan memeluk diri sendiri untuk meredakan ketegangan pada tangan dan punggung.

Peregangan ini dilakukan dengan berdiri tegak lalu silangkan kedua tangan hingga ke punggung belakang seperti memeluk diri sendiri sambil menarik napas dalam-dalam.

Lakukan posisi ini selama 30 detik sambil menjaga pernapasan. Perlahan buka tangan sambil mengembuskan napas.

2. Peregangan leher

Peregangan di area ini dapat meredakan ketegangan di kepala, bahu, dan leher.

Peregangan leher bisa dilakukan dengan meletakkan tangan kanan di telinga kiri. Lalu, arahkan kepala ke bahu kanan. Tahan dalam lima tarikan napas. Lalu, lakukan ke arah sebaliknya.

Lalu, putar kepala ke arah bahu kanan sebanyak lima kali. Lakukan pula untuk arah sebaliknya.

Lanjutkan dengan membawa dagu ke arah dada dan tahan dalam lima tarikan napas. Lakukan pula ke arah belakang dengan membawa kepala ke punggung dan mata melihat ke atas.

3. Child's pose

Posisi ini membantu hampir seluruh otot di tubuh rileks, terutama punggung, bahu, dan leher.

Lakukan posisi ini dengan berlutut dan duduk di atas tumut. Lalu arahkan badan ke depan hingga dahi menempel di lantai. Posisikan tangan menjangkau titik terjauh di lantai.

Tarik napas dalam-dalam dan rasakan punggung belakang rileks.

4. Seated forward bend

Gerakan ini dilakukan untuk mengendurkan tulang belakang, bahu, dan paha belakang.

Duduklah dengan meluruskan kaki ke depan. Rentangkan tangan dan cobalah membungkuk hingga tangan menyentuh telapak kaki. Tahan gerakan ini dalam lima tarikan napas.

5. Legs-up-the-wall pose

Gerakan ini membantu punggung, bahu, leher, dan kaki lebih rileks. Dalam posisi berbaring, angkat kaki ke atas atau ke dinding.

Pastikan kaki berdiri tegak lurus. Posisikan tangan dan pinggul dalam keadaan yang nyaman. Tahan posisi ini dalam lima tarikan napas.

Setelah badan rileks, Anda pun bisa tidur dengan nyenyak.

(ptj/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK