5 Kegiatan yang Dianjurkan Ahli untuk Jaga Kesehatan Jantung

tim, CNN Indonesia | Jumat, 26/02/2021 19:49 WIB
Berikut 5 rutinitas sehari-hari yang dijalani dan dianjurkan para ahli untuk bantu menjaga kesehatan jantung. Ilustrasi. Terdapat sejumlah rutinitas sehari-hari yang dijalani dan dianjurkan para ahli untuk bantu menjaga kesehatan jantung. (iStockphoto/AaronAmat)
Jakarta, CNN Indonesia --

Olahraga teratur dan pola makan yang sehat adalah kunci untuk menjaga kekuatan jantung. Namun di balik itu, ada sejumlah kebiasaan lain yang juga dapat mendukung kesehatan jantung.

Berikut 5 rutinitas sehari-hari yang dijalani dan dianjurkan para ahli untuk menjaga kesehatan jantung.

1. Prioritaskan tidur

Asian woman sleeping in bed at home and looking very peaceful - lifestyle conceptsIlustrasi tidur. (iStockphoto/andresr)

Sepertiga orang dewasa Amerika melaporkan bahwa mereka tidak mendapatkan tidur tujuh jam yang direkomendasikan, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Padahal, tidur sangat penting untuk kesehatan jantung.


Menurut CDC, orang yang tidak cukup tidur cenderung mengalami lebih banyak masalah kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2 dan obesitas, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Sementara dengan tidur cukup, ahli jantung di McGovern Medical School Houston, John Higgins mengatakan bahwa itu, "Membantu menurunkan tekanan darah Anda, membuat Anda lebih bahagia, menjaga berat badan [sehat] dan mengurangi hormon stres."

Pertahankan jadwal tidur yang teratur, bahkan di akhir pekan serta hindari makan atau minum beberapa jam sebelum tidur, terutama makanan berlemak, bergula, dan alkohol.

Persiapkan kamar tidur Anda dengan lingkungan yang sejuk, gelap, dan tenang optimal untuk tidur.

2. Meditasi

Jika Anda menginginkan jantung yang sehat, jadikan meditasi sebagai bagian dari rutinitas harian Anda.

"Kita semua dapat mengakui bahwa kita telah didorong ke batas dengan stres tahun ini, dan meditasi telah menjadi bagian penting dari apa yang memungkinkan saya untuk mengelolanya," kata Suzanne Steinbaum, seorang ahli jantung yang berbasis di New York, dikutip dari Livestrong.

Steinbaum mengungkapkan bahwa penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi selama 20 menit dua kali sehari dapat menurunkan kejadian tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

"Itu karena praktik meditasi menyeimbangkan sistem saraf otonom, meningkatkan sistem parasimpatis istirahat dan mengurangi sistem 'lawan atau lari' simpatik yang terkait dengan pelepasan hormon stres," jelasnya.

3. Banyak tertawa

Close-up of cheerful young woman. Portrait of beautiful happy female with long hair. She is in casuals at city.Ilustrasi tertawa. (iStockphoto/xavierarnau)

Dalam hal kesehatan jantung, tertawa mungkin benar-benar obat terbaik. Higgins mengatakan bahwa tertawa (dan tersenyum) dapat menurunkan tekanan darah dan hormon stres Anda.

Faktanya, penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa tertawa kecil dapat meningkatkan fungsi arteri dan aliran darah, menurut Harvard Health Publishing.

Tapi bagaimana caranya?

Meskipun mekanisme pastinya masih belum diketahui, para ilmuwan berhipotesis bahwa itu ada hubungannya dengan endorfin yang Anda hasilkan saat Anda tertawa.

Menurut Harvard Health Publishing, bahan kimia dalam otak ini dapat mengikat reseptor opiat di lapisan pembuluh darah, memicu pelepasan oksida nitrat, yang melemaskan arteri. Dan ketika arteri Anda rileks, itu membantu meningkatkan aliran darah.

4. Pilih outdoor

Menghabiskan lebih banyak waktu di alam bebas adalah cara lain untuk mengoptimalkan kesehatan jantung Anda.

"Udara segar dan sinar matahari (setidaknya 15 menit sehari) dapat membantu meningkatkan vitamin D dan melatonin, yang penting untuk kesehatan tulang, pencernaan dan tidur," kata Higgins.

Terlebih lagi, penelitian menunjukkan bahwa vitamin D dapat berperan dalam mencegah kondisi tertentu, termasuk serangan jantung, menurut Harvard Health Publishing.

Cara sederhana untuk mendapatkan lebih banyak matahari yakni dengan jalan-jalan cepat saat istirahat makan siang. Menurut CDC, berjemur di bawah cahaya alami di awal hari juga akan membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.

5. Putar lagu favorit

Tidak ada yang lebih baik dari lagu yang bagus untuk meningkatkan mood Anda. Ternyata, ada sains di balik efek perasaan senang ini.

"Mendengarkan musik favorit Anda selama setengah jam setiap hari meningkatkan mood dan meningkatkan produksi oksida nitrat," kata Higgins.

Oksida nitrat membantu mengendurkan arteri Anda dan memperlancar aliran darah.

Lagu-lagu yang bagus bahkan dapat meredakan ketegangan emosional bagi orang-orang yang memiliki profesi stres tinggi.

Sebuah studi November 2011 di Journal of Advanced Nursing menemukan bahwa perawat yang mendengarkan musik menenangkan favorit mereka selama 30 menit memiliki persepsi tingkat stres, detak jantung dan tingkat kortisol yang lebih rendah daripada rekan mereka yang hanya duduk diam selama setengah jam.

Dan mengurangi stres sangat penting untuk melindungi jantung Anda.

"Karena ketika merasa tegang, tubuh Anda melepaskan stres dan hormon inflamasi, yang dapat menyebabkan kerusakan pada arteri dan pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit jantung," kata Steinbaum.

Sehingga, apa pun yang dapat mengurangi stres - seperti memutar playlist favorit- akan membantu meningkatkan kesehatan jantung.

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK