6 Manfaat Menakjubkan dari Orgasme

tim, CNN Indonesia | Senin, 01/03/2021 07:38 WIB
Selain sebagai puncak kenikmatan dalam seks, orgasme juga memiliki sejumlah manfaat lain yang menakjubkan. Berikut 6 manfaat orgasme. Ilustrasi. Selain sebagai puncak kenikmatan dalam seks, orgasme juga memiliki sejumlah manfaat lain yang menakjubkan. (iStockphoto/LightFieldStudios)
Jakarta, CNN Indonesia --

Orgasme merupakan puncak kenikmatan dalam hubungan seksual yang menawarkan gelombang sensasi menakjubkan oleh sejumlah pasangan.

Terlepas dari itu, manfaat orgasme juga tak kalah menakjubkannya untuk membantu tubuh dalam melepas stres hingga meningkatkan imun atau sistem kekebalan.

Berikut sejumlah manfaat orgasme, dilansir dari berbagai sumber.


1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Dikutip dari Shape, seks disebut sebagai cara terbaik untuk mencegah flu biasa. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa salah satu manfaat besar orgasme adalah meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh Anda.

Sebuah penelitian terhadap mahasiswa tersebut menunjukkan bahwa mereka yang melakukan hubungan seks sekali atau dua kali seminggu memiliki kadar imunoglobulin 30 persen lebih tinggi.

2. Penghilang stres alami dan pereda nyeri

Ketika orgasme, hormon oksitosin dilepas dari sel-sel hipotalamus (suatu daerah di otak) ke dalam aliran darah.

Oksitosin yang juga dikenal sebagai 'molekul cinta' disebut bisa membuat orang merasa hangat, menginduksi perasaan optimis, serta meningkatkan harga diri dan kepercayaan.

Studi menunjukkan, peningkatan kadar oksitosin juga dapat mengurangi rasa sakit, termasuk sakit kepala, kram, dan nyeri tubuh secara keseluruhan.

3. Melancarkan siklus menstruasi

Sebuah laporan Planned Parenthood menunjukkan bahwa beberapa penelitian telah mengaitkan seks secara teratur - artinya sekali atau dua kali dalam seminggu - dengan menstruasi yang lebih teratur, bersama dengan terlepas dari kram saat menstruasi.

4. Merasa lebih bahagia

Orang yang secara teratur berhubungan seks - orgasme atau tidak - lebih bahagia, menurut sebuah penelitian di Journal of Psychosomatic Research.

Para peneliti mengamati 4.000 wanita di AS dan memeriksa suasana hati, seksualitas, dan siklus menstruasi mereka.

Mereka menemukan hubungan yang kuat antara minat seksual dan perasaan bahagia secara keseluruhan.

5. Mungkin membantu menurunkan berat badan

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Sex & Marital Therapy menunjukkan bahwa seringnya hubungan seksual dan aktivitas seksual, baik dengan pasangan atau sendiri, telah dikaitkan dengan lingkar pinggul dan pinggang yang lebih kecil baik untuk pria maupun wanita.

6. Kualitas tidur yang lebih baik

Manfaat orgasme juga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak dan tenang.

Dikutip dari Everyday Health, pelepasan dopamin dan oksitosin setelah orgasme dapat membantu meningkatkan perasaan keintiman serta istirahat dan kedamaian.

(agn/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK