Menikmati Sunset Teluk Jakarta dari Gondola Ancol

CNN Indonesia | Selasa, 02/03/2021 16:06 WIB
Gondola Ancol bisa menjadi salah satu spot menikmati momen matahari terbenam atau sunset di Jakarta. Gondola di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. (CNN Indonesia/Gloria Safira Taylor)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wahana permainan di Taman Impian Jaya Ancol tak hanya bisa ditemukan di dalam kompleks Dunia Fantasi alias Dufan. Belakangan ini juga sedang viral foto dan video dari wahana Gondola yang memungkinkan penumpangnya melihat pemandangan pesisir utara Jakarta.

Gondola Ancol bisa pertama kali beroperasi pada 20 Desember 2003 dan diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta pada saat itu, Sutiyoso, atau yang akrab disapa Bang Yos.

Tahun 2015 operasional Gondola Ancol sempat terhenti karena ada pemeliharaan jaringan. Saat ini wahana itu telah kembali beroperasi, malah pernah menggelar acara makan romantis dalam rangka menyambut Hari Valentine pada Februari tahun ini.


Acara yang diberi tajuk 'Love is in The Air' itu mengajak pengunjung berpasangan untuk menyantap hidangan di atas gondola yang bedang berjalan selama 90 menit.

Jangankan diajak makan romantis, naik unit gondolanya saja sudah sangat istimewa, karena setiap kereta berdinding dan berlantai transparan, sehingga penumpangnya seakan melayang di udara. Total ada 37 kereta yang beroperasi saat ini.

Satu unit kereta gondola bisa menampung enam orang dewasa. Ketinggiannya sekitar 21 meter di atas permukaan laut dengan jarak tempuh sekitar 2,4 kilometer selama 20 menit pulang pergi.

Ada tiga stasiun yang disinggahi Gondola Ancol, yakni; Stasiun A Pantai Festival, letaknya di belakang Dunia Fantasi, Stasiun B Pantai Indah, letaknya di sekitar Putri Duyung, dan Stasiun C Teater mobil, letaknya di sekitar Atlantis Water Adventure, Gelanggang Samudra, dan SeaWorld.

JAKARTA, INDONESIA - June 10, 2018: Cable car at Ancol Dreamland (Ancol Taman Impian).Gondola Ancol. (istockphoto/GeorginaCaptures)

Dari tiga stasiun itu, hanya dua lokasi yang dapat digunakan untuk naik dan turun pengunjung, yaitu Stasiun A dan C.

Gondola Ancol beroperasi setiap hari. Saat hari Senin-Jumat mulai pukul 11 siang sampai 6 sore.

Sementara saat hari Sabtu atau libur nasional atau libur nasional mulai pukul 10 pagi sampai 6 sore. Lalu saat hari Minggu mulai pukul 9 pagi sampai 6 sore.

Harga tiket naik Gondola Ancol beragam tergantung saat hari kerja atau hari libur. Saat hari kerja (weekday), tiketnya seharga Rp48 ribu dengan minimum pembelian empat tiket, atau Rp60 ribu untuk satu tiket tanpa minimum pembelian.

Namun perlu dipastikan kalau selain tiket Gondola, pengunjung sudah membeli Tiket Masuk Ancol.

Informasi harga tiket Gondola Ancol bisa diketahui di sini.

Bagi yang ingin naik Gondola Ancol dalam waktu dekat, pastikan juga untuk menaati protokol kesehatan pencegahan virus Corona.

[Gambas:Instagram]



[Gambas:Instagram]



(ard/ard)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK