6 Hal di Rumah yang Jadi Penyebab Stres Menurut Terapis

tim, CNN Indonesia | Rabu, 10/03/2021 13:31 WIB
Para terapis mengatakan ada beberapa barang dan elemen tertentu yang membuat stres. Apa saja? Ilustrasi. Rumah berantakan merupakan salah satu penyebab stres. (iStockphoto/richjem)

3. Ruangan sempit

Tata letak rumah merupakan faktor kunci dalam mengelola stres.

"Ruang terbuka bisa lebih membuat dan mungkin menempatkan kita dalam keadaan yang lebih luas," kata Ahrens.

"Ruang sempit, terutama jika tanpa jendela, dapat menimbulkan kecemasan dan memicu serangan panik."


Ahrens menambahkan bahwa dalam kasus yang tidak terlalu parah, orang-orang di ruang terbatas mungkin mengalami efek fisiologis seperti stres, merasa kewalahan, dan kesulitan berkonsentrasi.

Jika Anda tinggal di ruang tanpa jendela, terapis Ariel Sank menyarankan pergi keluar untuk meningkatkan suasana hati Anda.

"Saya selalu menyarankan orang meluangkan sedikit waktu setiap hari, meskipun hanya beberapa menit, di bawah sinar matahari langsung untuk menghilangkan stres," kata Sank.

4. Bekerja dan bersantai di ruang yang sama

Terapis tidak merekomendasikan bekerja dan bersantai di area yang sama di rumah Anda.

"Selama tahun lalu, ketika banyak orang bekerja dari rumah, menjadi sangat sulit bagi orang untuk memisahkan pekerjaan dari kehidupan pribadi mereka," kata Sank.

"Dengan menciptakan area terpisah di mana Anda bekerja dan bersantai, Anda tidak hanya menciptakan pemisahan fisik tetapi juga pemisahan mental dari keduanya."

5. Barang usang

Menurut Ahrens, dekorasi yang ketinggalan jaman atau furnitur yang rusak bisa menurunkan semangat.

"Ketika kita dikelilingi oleh hal-hal yang tidak terasa menenangkan atau menimbulkan semacam respons stres, kita cenderung menghabiskan lebih sedikit waktu di ruang itu," katanya.

6. Suara bising

Kebisingan adalah penyebab stres yang umum, kata Ahrens, dan itu datang dalam berbagai bentuk, dari TV hingga percakapan.

"Tidak semua kebisingan itu tidak menyenangkan atau membuat stres. Penting untuk lebih memperhatikan kualitas dan kuantitas," kata Ahrens.

Loewen menyarankan untuk mematikan TV saat Anda tidak menonton dan memperhatikan bagaimana suara TV memengaruhi perasaan Anda, "terutama saat menonton berita."

Jika itu membuat Anda merasa stres, Loewen merekomendasikan untuk mengganti TV dengan musik yang menenangkan.

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK