4 Rekomendasi Makan Enak di Sentul, Bogor

tim | CNN Indonesia
Minggu, 07 Mar 2021 14:15 WIB
Untuk urusan kuliner, Sentul pun memberikan aneka pilihan. Berikut rekomendasinya untuk Anda. Rekomendasi Kuliner di Sentul (CNNIndonesia.com/Elise Dwi Ratnasari)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bersantai, menghirup udara segar seolah jadi khayalan untuk saat ini. Pandemi membuat kita berkompromi soal liburan. Anda mungkin bakal pikir panjang kalau ingin ke luar kota atau luar pulau sehingga yang dekat pun jadi pertimbangan. Setidaknya, Sentul bisa masuk daftar pertimbangan jika Anda tinggal di ibukota dan sekitarnya.

Di sini pilihan wisata alam ada beragam mulai dari gunung, curug hingga goa. Untuk urusan kuliner, Sentul pun memberikan aneka pilihan. Bersantap dengan menu lokal dengan suasana berbeda? Ada. Nongkrong sambil ngopi di pinggir telaga? Ada juga. Bahkan pasar di Sentul pun memberikan banyak pilihan kuliner yang tidak Anda sangka.

1. Pasar Bersih Sentul City

1. Pasar Bersih Sentul CityBubur TakingKayu Mas, kafe sekaligus toko organikSuasana food court 2. Antology Coffee and TeaKedai kopi dengan pandangan telaga.3. Restoran Sawah Segar SentulRestoran semi outdoor dengan konsep makan di saung tengah sawah. 4. Tad's DelightKafe di kawasan Taman Budaya Sentul.Foto: CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari
Bubur TakingKayu Mas

Jika Anda ke Sentul dengan mengendarai mobil, sebaiknya mengambil jalur tol dan keluar di pintu tol Sentul Selatan. Dari sini, cukup berkendara kurang dari 10 menit dan sampailah di Pasar Bersih Sentul City. Dari luar, tampilan pasar lebih mirip pusat perbelanjaan modern. Namun pasar sebagai lokasi belanja menempati bangunan tengah yang besar. Meski sebagian kios tutup, hingga sekitar pukul 9 pagi hiruk pikuk pasar masih terasa.


Perburuan kuliner sebaiknya dimulai di ruko-ruko di sisi luar pasar. Jangan sia-siakan kesempatan sarapan di Bubur Ayam Tangki 18. Biasanya menu favorit pelanggan berupa Bubur Ayam Telur Kampung. Namun tak ada salahnya menyicip menu bubur andalan yakni Bubur Sapo Sapi.

Bubur Sapo Sapi disajikan bersama bahan pelengkap berupa bawang goreng, seledri cincang, lobak manis dan potongan cakwe. Tambahkan bahan pelengkap secukupnya dan rasakan gurih bubur juga daging sapi cincang manis beradu. Potongan lobak akan memberikan aksen rasa manis, asin dan sedikit asam. Satu porsi bubur sudah cukup mengeyangkan perut.

Jika bubur dirasa terlalu berat, terdapat beberapa pilihan kudapan yang cukup untuk mengganjal perut seperti hakao, bapao, siomay, lumpia ayam, xiao long bao, juga otak-otak. Kudapan ini paling pas dinikmati bersama kopi susu.

Walau tempat makan bertajuk bubur ayam, menu-menu di sini cukup beragam. Anda bisa menjajal menu nasi dan aneka kwetiau. Bagaimana dengan harga? Untuk menu bubur dibanderol Rp25-Rp35ribu. Kemudian menu nasi Rp30-Rp80ribu, sedangkan menu kwetiau Rp25-Rp35ribu.

1. Pasar Bersih Sentul CityBubur TakingKayu Mas, kafe sekaligus toko organikSuasana food court 2. Antology Coffee and TeaKedai kopi dengan pandangan telaga.3. Restoran Sawah Segar SentulRestoran semi outdoor dengan konsep makan di saung tengah sawah. 4. Tad's DelightKafe di kawasan Taman Budaya Sentul.Foto: CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari
Pasar Bersih Sentul City

Di sisi lain, pasar ini juga memberikan Anda lokasi menarik untuk sekadar nongkrong. Kayu Mas, tidak jauh dari restoran bubur, menyediakan menu-menu sehat berbasis organik. Tidak harus jadi vegan atau pecinta plant based food untuk bertandang ke sini, justru di sini tersedia aneka menu termasuk menu-menu yang kita temui di warung makan biasa misal bakmi, lontong sayur, bakso, juga bubur ayam. Anda bisa memilih menu vegan, biasa atau mediterrania. Sedangkan untuk roti atau cake menggunakan bahan-bahan bebas gluten.

Tak hanya nongkrong, di sini Anda pun bisa memperoleh bahan makanan organik guna memasak di rumah seperti bumbu-bumbu, mi shirataki, mi dari sayuran, juga madu.

Sementara itu, tampaknya pasar merupakan melting pot kuliner berbagai daerah. Jangan heran jika menemukan toko oleh-oleh khas Sukabumi, kios bahan makanan khas Kalimantan, warung makan dengan menu-menu khas Sumatera, jajanan pasar dan pisang goreng khas Kalimantan di pintu timur pasar. Namun untuk pilihan lebih beragam tanpa harus banyak berkeliling, Anda bisa langsung ke food court di sisi barat pasar.

Minum Kopi dan Makan siang

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER