Mengulik Manfaat Musik untuk Kesehatan Hati dan Pikiran

tim, CNN Indonesia | Selasa, 09/03/2021 13:00 WIB
Peneliti menemukan bahwa salah satu kegunaan musik yang paling umum yakni membantu orang mengatur emosi mereka. Ilustrasi. Peneliti menemukan bahwa salah satu kegunaan musik yang paling umum yakni membantu orang mengatur emosi mereka. (Pixabay/uveX)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dalam kehidupan sehari-hari, musik banyak menemani dan mengiringi ragam momen yang sedang maupun telah dilalui. Di antaranya seperti kala bepergian, jatuh cinta, pengiring tidur serta saat mengalami patah hati.

Hal itu terjadi karena musik sendiri memang memiliki manfaat musik bagi hati dan pikiran.

Peneliti menemukan bahwa salah satu kegunaan musik yang paling umum yakni membantu orang mengatur emosi mereka. Musik juga memiliki kekuatan untuk mengubah suasana hati dan membantu orang memproses perasaan mereka.


Hasil tersebut diperoleh dengan mewawancarai kelompok tentang mengapa mereka mendengarkan musik. Peserta penelitian bervariasi dalam hal usia, jenis kelamin, dan latar belakang.

Berikut manfaat musik bagi hati dan pikiran atau kesehatan mental, sebagaimana dilansir dari Healthline.

Manfaat Musik untuk Hati

1. Mengurangi kecemasan

Ada banyak bukti bahwa mendengarkan musik juga dapat membantu menenangkan Anda dalam situasi di mana Anda mungkin merasa cemas.

Studi telah menunjukkan bahwa orang-orang yang menjalani rehabilitasi setelah terkena stroke menjadi lebih rileks setelah mereka mendengarkan musik selama satu jam.

Studi serupa menunjukkan bahwa musik yang dicampur dengan suara alam membantu orang merasa tidak terlalu cemas. Bahkan orang yang menghadapi penyakit kritis, kecemasannya berkurang setelah terapi musik.

Namun, ada bukti yang bertentangan tentang mendengarkan musik berpengaruh pada respons stres fisiologis tubuh Anda. Satu studi menunjukkan bahwa tubuh melepaskan lebih sedikit kortisol, hormon stres, saat orang mendengarkan musik.

Studi yang sama ini merujuk pada penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa musik memiliki pengaruh yang kecil terhadap kadar kortisol.

2. Membantu gejala depresi

Sebuah tinjauan penelitian pada 2017 menyimpulkan bahwa mendengarkan musik, terutama musik klasik yang dikombinasikan dengan jazz, memiliki efek positif pada gejala depresi, terutama ketika ada beberapa sesi mendengarkan yang dilakukan oleh terapis musik teruji.

Tidak menyukai jazz atau klasik? Anda mungkin ingin mencoba sesi perkusi grup. Tinjauan penelitian yang sama menemukan bahwa drum juga memiliki manfaat di atas rata-rata untuk orang yang menghadapi depresi.

Simak manfaat musik untuk pikiran di halaman berikutnya.

Mengulik Manfaat Musik untuk Kesehatan Hati dan Pikiran

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK