Rahasia Sehat Nenek 105 Tahun yang Sembuh dari Covid-19

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 05/03/2021 06:48 WIB
Seorang lansia 105 tahun asal AS sembuh dari Covid-19. Apa rahasia hidup sehat dan panjang umurnya? Ilustrasi. Seorang lansia 105 tahun asal AS sembuh dari Covid-19. (AP Photo/Jean-Francois Badias)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lucia DeClerck, seorang wanita lansia asal New Jersey berusia 105 tahun berhasil sembuh dari infeksi virus corona penyebab Covid-19. Infeksi tersebut hanya menimbulkan sejumlah gejala ringan pada tubuhnya.

Tanggal 25 Januari lalu, DeClerck berulang tahun yang ke-105. Dengan usia senja itu, DeClerck telah melalui banyak hal dalam hidupnya. Dia bahkan pernah mengalami pandemi influenza pada 1918 silam.

DeClerck menjadi pasien Covid-19 tertua di New Jersey, Amerika Serikat. Lansia menjadi kelompok rentan mengalami komplikasi Covid-19 yang berat.


Namun, tidak demikian dengan DeClerck. Dia bisa melewati infeksi yang menyerangnya dengan baik.

Apa rahasianya? Jawabannya adalah doa, menghindari junk food, dan racikan kismis yang direndam dalam gin.

DeClerck punya kebiasaan untuk mengonsumsi kismis yang direndam dalam gin setiap pagi. Kismis itu direndam dalam gin selama sembilan hari, lalu menjadi makanan pagi harinya.

"Rendam dalam toples. Sembilan kismis sehari setelah direndam dalam gin selama sembilan hari," ujar DeClerck, dalam sebuah wawancara bersama New York Times.

Seperti banyak pengobatan tradisional lainnya, sulit untuk mengetahui akar dari metoda merendam kismis di dalam gin.

Mengutip Very Well Health, sebuah buku berjudul The People's Pharmacy Guide to Home and Herbal Remedies mengklaim bahwa kismis yang direndam di dalam gin efektif untuk mengobati radang sendi.

Kendati demikian, hingga saat ini, belum ada studi terkontrol yang membuktikan efektivitas tersebut. Namun, banyak teori yang menjelaskan mengapa racikan ini memiliki nilai lebih.

Satu teori mengatakan, sulfur yang digunakan dalam pembuatan kismis kuning atau emas dapat memberikan manfaat kesehatan. Makanan yang mengandung sulfur disebut menjadi perawatan yang tepat untuk meredakan osteoartritis.

Selain itu, rendaman kismis di dalam gin juga diklaim memiliki potensi sifat anti-inflamasi.

Terlepas dari itu semua, rendaman kismis di dalam gin mungkin tak jadi satu-satunya yang dapat melindungi DeClerck dari ancaman Covid-19. Gaya hidup sehat DeClerck yang dijalaninya selama ini membuat tubuhnya sehat.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK