Apakah Daging Ayam Berbau Busuk Masih Layak untuk Dimasak?

Tim, CNN Indonesia | Senin, 22/03/2021 08:17 WIB
Terkadang, daging ayam mengeluarkan bau busuk saat dikeluarkan dari lemari pendingin. Jika ayam berbau busuk, masihkah layak untuk dimasak? Ilustrasi. Terkadang, daging ayam mengeluarkan bau busuk saat dikeluarkan dari lemari pendingin. (iStockphoto/Photosiber)
Jakarta, CNN Indonesia --

Daging ayam adalah salah satu hidangan yang disukai banyak orang. Namun, bagaimana dengan ayam yang menimbulkan bau tak sedap atau busuk? Masihkah ayam berbau busuk layak untuk dimasak?

Banyak orang memiliki ritual serupa, yakni mengendus bau ayam yang baru saja dikeluarkan dari lemari pendingin. Mengendus dilakukan untuk mengecek apakah ayam masih layak dimasak atau tidak.

Jika ayam berbau busuk, masihkah layak untuk dimasak?


Pada dasarnya, ada dua jenis daging ayam berkualitas buruk. Pertama, adalah daging yang mengeluarkan bau busuk. Kedua, adalah yang bisa menimbulkan penyakit. Mengutip The Daily Meal, kedua kondisi ini disebabkan oleh jenis bakteri yang berbeda.

Keracunan makanan disebabkan oleh bakteri tertentu. Salmonella adalah bakteri paling umum yang menyebabkan keracunan makanan.

Sayangnya, tak ada cara tertentu yang bisa dilakukan untuk mengetahui keberadaan Salmonella. Bakteri ini tak mengakibatkan perubahan fisik pada daging ayam yang bisa dilihat dengan mata atau dicium oleh hidung.

Dengan kata lain, sepotong ayam yang terkontaminasi Salmonella akan tetap terlihat segar.

Namun, jenis bakteri ini sangat mudah dibunuh. Saat ayam dimasak dengan suhu 73,9 derajat Celcius selama setidaknya 30 detik, bakteri akan terbunuh.

Namun, ayam yang dimasak dalam suhu 73,9 derajat Celcius akan menjadi terlalu matang. Anda bisa memasaknya dengan suhu yang lebih rendah, namun dengan waktu yang lebih lama, seperti suhu internal 65,6 derajat Celcius dengan durasi 2,7 menit.

Sementara itu, pembusukan adalah kondisi yang sama sekali berbeda dengan keberadaan bakteri penyebab penyakit pada daging ayam. Pembusukan berarti perubahan yang terjadi pada makanan dan menyebabkan bau tak sedap.

Saat membusuk, makanan biasanya akan terasa berlendir, berubah warna, dan sebagainya. Pembusukan juga disebabkan oleh bakteri, tapi berbeda dengan bakteri yang menyebabkan keracunan.

Namun, yang perlu dicatat, ayam dengan bau tak sedap tidak akan membuat Anda sakit. Tentu dengan catatan jika Anda memasaknya dengan benar.

Dengan kata lain, ayam yang berbau busuk masih layak untuk dimasak.

Sebagian besar perubahan akibat pembusukan umumnya terjadi pada bagian permukaan makanan. Jika daging ayam terasa berlendir, maka bilas-lah dengan air dingin.

Cara terbaik untuk memastikan ayam tidak busuk adalah dengan memasaknya dan memakannya pada hari yang sama saat Anda membawanya pulang. Jika tak akan dimasak pada hari yang sama, Anda harus membekukannya.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK