Resep Menu Sahur untuk Diet: Overnight Oat Pisang Cokelat

Tim, CNN Indonesia | Senin, 12/04/2021 22:14 WIB
Overnight oat pisang cokelat dapat menjadi pilihan menu sahur untuk diet yang praktis saat bulan Ramadan. Overnight oat pisang cokelat dapat menjadi pilihan menu sahur untuk diet yang praktis saat bulan Ramadan. (Foto: iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Overnight oat pisang cokelat dapat menjadi pilihan menu sahur yang praktis saat bulan Ramadan. Overnight oat pisang cokelat juga cocok bagi Anda yang sedang dalam program diet selama bulan puasa.

Overnight oat pisang cokelat rendah kalori dan tinggi serat serta nutrisi lain yang baik untuk diet.

Seperti namanya, menu ini dibuat dengan cara didiamkan semalaman. Sehingga, Anda bisa membuatnya di malam hari sebelum tidur dan tak perlu lagi repot memasak saat sahur. Membuat menu ini juga tak memerlukan waktu yang lama.


Overnight oat adalah oat yang hanya dimasak dengan cara direndam dengan cairan seperti susu atau yoghurt semalaman di kulkas. Anda bisa menambahkan rasa dengan macam-macam topping seperti potongan buah, sirup, cokelat, biji chia dan lain sebagainya.

Ilustrasi overnight oat pisang cokelatIlustrasi overnight oat pisang cokelat, resep dan menu sahur yang cocok untuk diet. (Foto: iStockphoto)

Cara penyajian overnight oat dapat dilakukan dengan menggunakan wadah kecil atau gelas berbahan kaca supaya cita rasa dingin lebih terasa. Bentuk oat yang terlihat dari wadah setelah didiamkan semalaman akan menggugah selera. Anda juga bisa menggunakan wadah makan lainnya apabila tidak memiliki wadah kaca tersebut.

Untuk membuat overnight oat, disarankan menggunakan rolled oat atau menir gandum yang sudah dikupas ketimbang oatmeal instan. Pasalnya, oatmeal instan lebih mudah hancur dibandingkan dengan rolled oat.

Apabila bosan dengan oat, Anda bisa menggunakan muesli atau campuran oat dengan berbagai biji-bijian dan buah kering. Anda juga bisa mengganti pisang dan cokelat dengan buah atau campuran lain.

Berikut resep sahur overnight oat pisang cokelat

Ilustrasi buah pisangBuah pisang adalah salah satu bahan yang diperlukan membuat overnight oat pisang cokelat. Resep dan menu sahur untuk diet. (Foto: Pexels/Juan Salamanca)

Bahan overnight oat pisang cokelat:

  • 1/2 (setengah) cangkir rolled oat atau muesli
  • 1/2 cangkir susu atau yoghurt cair tanpa rasa
  • 1 sendok makan biji chia
  • 1 buah pisang
  • 2 sendok teh keping cokelat

Cara membuatnya:

1. Masukan setengah cangkir rolled oat/muesli ke dalam wadah
2. Masukkan setengah susu atau yoghurt cair tanpa rasa
3. Taruh biji chia di atas campuran oat
4. Potong pisang kecil dan taruh di atas lapisan biji chia
5. Taburi keping cokelat di atas dan tutup wadah.
6. Masukkan ke dalam kulkas, biarkan semalaman.

Saat waktu sahur tiba, overnight oat bisa langsung dinikmati

Infografis Resep Ramadhan Overnight Oat CoffeeInfografis Resep Overnight Oat Coffee

Itulah resep sahur overnight oat pisang cokelat bagi, menu sahur untuk diet. Selamat menikmati!

(auz/ptj)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK