Agar Bercinta Tetap Menyenangkan Meski Ejakulasi Dini

tim, CNN Indonesia | Rabu, 31/03/2021 22:09 WIB
Ejakulasi dini tak jarang membuat bercinta jadi canggung bahkan dianggap mengecewakan. Begini cara mengatasinya? Ejakulasi dini tak jarang membuat bercinta jadi canggung bahkan dianggap mengecewakan. Begini cara mengatasinya? (iStockphoto/theevening)
Jakarta, CNN Indonesia --

Saat wanita kerap sulit mencapai orgasme, pria juga memiliki masalah seksual yang umum yakni ejakulasi dini. Ejakulasi dini tak jarang membuat bercinta jadi canggung bahkan dianggap mengecewakan.

"Ada beberapa definisi ejakulasi dini tetapi umumnya didefinisikan ejakulasi yang terjadi dalam satu menit stimulasi atau dalam beberapa kasus penetrasi," jelas seksolog, Jess O'Reilly, mengutip dari Well and Good.

Terdengar tidak menyenangkan tetapi psikiater Madeleine M. Castellanos menyarankan untuk melihat ejakulasi dini sebagai tantangan dan eksperimen untuk menemukan cara untuk mencapai keintiman secara seksual. Seks, katanya, tak cuma soal penetrasi. Lalu, bagaimana solusinya agar seks tidak 'kentang' gara-gara ejakulasi dini?


1. Tunjukkan kepedulian tanpa menjadi was-was

Patricia Lopez Trabajo, pendiri klinik pasutri MYHIXEL, mengatakan penting untuk membicarakan ejakulasi dini secara terbuka. Komunikasi akan membuat Anda dan pasangan sadar akan apa yang dihadapi. Namun jika pembicaraan ini belum mampu Anda inisiasi, sebaiknya pastikan kenyamanan pasangan dan tetap santai tanpa menjadi was-was. Respons Anda niscaya akan membuat pasangan lebih rileks dan tidak merasa dihakimi.

"Anda mungkin berasumsi bahwa dia ingin bertahan lama untuk kesenangan mereka sendiri, tetapi dia mungkin bertahan lebih lama untuk kesenangan Anda. Setelah dia menjelaskan apa yang dia inginkan, tanyakan apa yang dapat Anda lakukan untuk mendukungnya," jelas O'Reilly.

2. Outercourse

Jika sebelumnya terbiasa dengan penetrasi alias intercourse, kali ini kenapa tidak dengan outercourse? Seks tidak selalu soal penis dan vagina. Castellanos berkata seks bisa termasuk obrolan, sentuhan, ciuman, 'gesekan'.

Wanita memerlukan banyak foreplay sebagai pemanasan ke menu utama. Ini pun jadi kesempatan pria untuk melakukan lebih banyak eksplorasi.

"Dia bisa menghabiskan sebagian besar waktunya dengan Anda menikmati foreplay, diakhiri dengan beberapa penetrasi. Saat dilakukan dengan baik, itu bisa membuat Anda jadi wanita yang sangat bahagia," kata Castellanos dalam laman Share Care.

3. Seks oral

Tampaknya para pria harus mengetahui satu hal bahwa memuaskan wanita tak selalu dengan penetrasi, kemudian 'stroke game' yang lama dan berkali-kali. Castellanos berkata banyak wanita yang memperoleh kepuasan dari seks oral. Bahkan tak jarang wanita yang mencapai orgasme dengan metode ini sehingga ejakulasi dini bukan alasan untuk tidak puas dalam seks. Pria cuma perlu memperbanyak 'jam terbang' untuk eksplorasi dan mengetahui apa yang disukai pasangannya.

4. Hindari komentar buruk

"Sangat penting untuk menghindari komentar yang menyakitkan atau membandingkan dengan mantan. Tipe reaksi di tempat ini akan memperparah situasi dan tidak akan membuahkan kemajuan," jelas Trabajo.

O'Reilly menambahkan sebaiknya Anda fokus pada percakapan tentang hal-hal positif selama bercinta termasuk apa yang membuat Anda senang. Beritahu si dia tentang momen paling bergairah, titik sentuhan yang Anda sukai dan momen di mana Anda sangat terhubung dengannya.

5. Diskusi untuk mencari bantuan profesional

Satu cara pamungkas untuk mengatasi persoalan ini adalah konsultasi dengan tenaga profesional. Namun ini perlu diawali dengan diskusi terbuka dengan pasangan. Sebaiknya buang rasa gengsi demi kehidupan seksual yang lebih baik.

"Hampir secara universal, pria dengan masalah ejakulasi gagal mengkomunikasikan preferensi mereka baik pada dokter atau pasangan, karena rasa malu atau ketidaktahuan," kata Michael Perelman, terapis seks dan pernikahan, mengutip dari WebMD.

(els/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK