8 Aturan Mengonsumsi Kopi untuk Diet

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 06/04/2021 05:30 WIB
Bagaimana aturan mengonsumsi kopi untuk diet? Berikut 8 cara mengonsumsi kopi agar lebih sehat sekaligus membantu menurunkan berat badan. Bagaimana aturan mengonsumsi kopi untuk diet? Berikut 8 cara mengonsumsi kopi agar lebih sehat sekaligus membantu menurunkan berat badan. )Foto: Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Banyak ahli kesehatan yang mengklaim bahwa kopi merupakan minuman yang sehat dan cocok untuk diet.

Kopi tidak memicu penambahan berat badan. Justru kopi membantu meningkatkan metabolisme dan membantu mengendalikan nafsu makan.

Namun, cara mengonsumsinya pun tak sembarangan agar manfaat kopi itu sendiri tak hilang.


Lantas bagaimana aturan mengonsumsi kopi untuk diet? Berikut 8 cara mengonsumsi kopi agar lebih sehat sekaligus membantu menurunkan berat badan.


1. Kurangi minum kopi di sore hari

Ilustrasi KafeFoto: eak_kkk/Pixabay
Ilustrasi. Tips minum kopi untuk diet yakni dengan mengurangi minum kopi di sore hari agar tidak insomnia yang bisa memicu makan atau ngemil di malam hari.

Kopi mengandung kaya kafein. Kafein sendiri adalah stimulan yang dapat memberikan sentakan energi sehingga meningkatkan kewaspadaan dan membuat tetap terjaga saat tubuh merasa lelah.

Untuk menghindari insomnia dan membuat tidur tak nyenyak, hindari meminum kopi di sore hari. Apabila Anda ingin sekali minum kopi pada sore hari, pilih kopi tanpa kandungan kafein. Disarankan pula untuk tidak meminum kopi setelah pukul dua siang.

2. Dilarang menambahkan gula

ilustrasi gulaFoto: iStockphoto/HandmadePictures
Ilustrasi. Tips minum kopi untuk diet yakni dengan tidak menambahkan gula atau pemanis lainnya.

Anda tidak akan mendapatkan manfaat kopi jika mencampurkannya dengan tambahan gula atau krimer pemanis yang tinggi kalori.

Sebab, jumlah fruktosa dalam gula sangat tinggi dan sering dikaitkan dengan beberapa penyakit serius seperti obesitas serta diabetes. Jika Anda tetap ingin menambahkan gula ke dalam kopi Anda, sebaiknya gunakan pemanis alami seperti gula stevia yang relatif lebih aman.


3. Pilih merek kopi yang berkualitas

Ilustrasi biji kopiFoto: Unsplash/Daniel Ruswick
Ilustrasi. Tips minum kopi untuk diet yakni dengan memilih biji kopi berkualitas.

Kualitas kopi bisa sangat bervariasi tergantung pada metode pengolahan dan cara penanaman biji kopi.

Seringkali dalam pembudidayaannya, biji kopi disemprot dengan pestisida sintetis dan bahan kimia lain yang tidak pernah dimaksudkan untuk dikonsumsi manusia, merujuk Healthline.

Untuk itu, disarankan Anda membeli merek kopi organik yang mengandung pestisida sintetis dalam jumlah yang jauh lebih rendah.

4. Jangan terlalu banyak minum kopi

Ilustrasi Minum Kopi HitamFoto: epicantus/Pixabay
Ilustrasi. Tips minum kopi untuk diet yakni dengan membatasi asupannya.

Meski asupan kopi dalam jumlah sedang itu sehat, namun minum kopi terlalu banyak dapat mengurangi manfaat kopi untuk diet.

Asupan kafein yang berlebihan banyak memiliki efek samping. Healthline merekomendasikan untuk tidak meminum kopi lebih dari 2,5 mg per kilogram per hari.

Sebab, secangkir kopi rata-rata mengandung sekitar 95 mg kafein yaitu setara dengan dua cangkir kopi.

5. Menambahkan kayu manis

Ilustrasi Kayu ManisFoto: stevepb/Pixabay
Ilustrasi. Tips minum kopi untuk diet yakni dengan menambahkan kayu manis.

Kayu manis adalah salah satu rempah yang ditambahkan pada makanan ataupun minuman untuk menambah citarasa dan wangi yang manis dan sedap. Rempah dari pohon cinnamomum ini juga cocok dicampurkan ke dalam secangkir kopi.

Ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan glukosa darah, kolesterol dan trigliserida pada penderita diabetes, serta mengatasi perut kembung.

Untuk menurunkan risiko efek samping, pilihlah kayu manis jenis Ceylon daripada kayu manis jenis Cassia.


6. Hindari krimer

Ilustrasi Kopi dengan susuFoto: shixugang/Pixabay
Ilustrasi. Tips minum kopi untuk diet yakni dengan menghindari krimer.

Krimer instan dengan label rendah lemak maupun buatan cenderung diproses dengan tinggi ini tidak baik untuk tubuh lantaran bisa meningkatkan kolesterol jahat yang memicu penyakit jantung.

Alih-alih krimer nonsusu, pertimbangkan untuk menambahkan produk susu sapi organik yang tinggi kalsium dan vitamin K.

7. Tambahkan bubuk kakao

Ilustrasi segelas kopiFoto: Unsplash
Ilustrasi. Tips minum kopi untuk diet yakni dengan menambahkan bubuk kakao tanpa gula.

Menambahkan bubuk kakao akan memberi rasa yang berbeda pada secangkir kopi Anda, yakni caffe mocha tanpa gula.

Bubuk kakao sarat dengan antioksidan dan dikatikan dengan beragam macam manfaat kesehatan termasuk menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, kakao dikemas dengan flavonod yang bermanfaat untuk mencegah diabetes.

8. Seduh kopi menggunakan filter kertas

Berbekal sepeda listrik, mobile coffee atau kopi keliling ini bisa menjajakan gerainya di berbagai tempat. Rabu (21/10/2020). CNN Indonesia/Andry NovelinoFoto: CNN Indonesia/Andry Novelino
Ilustrasi. Tips minum kopi untuk diet yakni menyeduh dengan menggunakan filter kain atau kertas.

Kopi yang diseduh mengeluarkan substansi minyak atau disebut sebagai kafestol. Substansi minyak inilah yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Untuk mengurangi kolesterol yang terkandung dalam minyak tersebut, Anda bisa menggunakan penyaring kopi yang terbuat dari kain ataupun kertas (paper filter). Menyeduh kopi dengan filter dapat secara efektif menurunkan jumlah kafestol.

(din/fef)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK