8 Tanaman Hias Bunga Indoor yang Unik dan Manjakan Mata

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 11/04/2021 13:21 WIB
Selain tanaman hias dedaunan, Anda juga dapat menanam tanaman hias indoor yang memekarkan bunga cerah berwarna-warni memanjakan mata. Selain tanaman hias dedaunan, Anda juga dapat menanam tanaman hias indoor yang memekarkan bunga cerah berwarna-warni memanjakan mata. (Foto: iStockphoto/fermate)
Jakarta, CNN Indonesia --

Memelihara tanaman hias bunga indoor telah lama digemari jauh sebelum pandemi. Warna hijau daun yang menyejukkan mata dengan kombinasi warna cerah bunga menghadirkan nuansa ceria dalam ruangan rumah.

Beberapa tanaman hias berbunga tertentu bahkan mampu membersihkan polutan dalam rumah sehingga bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut jenis tanaman hias berbunga yang dapat Anda pelihara di dalam ruangan.


1. African Violet

[Gambas:Instagram]

Tanaman African Violet merupakan salah satu tanaman hias populer yang dipelihara dalam ruangan. Tanaman ini tumbuh rendah dan dapat berbunga beberapa kali dalam setahun.

African Violet memiliki ciri berdaun hijau berbentuk hati lebar dan lonjong dengan tangkai batang yang berbulu halus. Warna bunga pada African violet beragam ada yang ungu, merah, dan putih.

2. Geranium

Close up of a red geranium flower and unopened buds.Foto: iStockphoto/KenWiedemann
Geranium adalah salah satu tanaman hias bunga indoor

Tanaman hias Geranium mengacu pada kelompok varietas dalam genus Pelargonium yang diketahui memiliki keunikan mengeluarkan aroma tertentu saat disentuh atau daunnya diremukkan ringan.

Melansir Better Homes & Gardens, varietas geranium ada yang beraroma apricot, cokelat mint, kelapa, lemon, peppermint, mawar, dan lainnya.

Bunga geranium berwarna dasar putih dengan guratan garis ungu pada bagian tengah, sedangkan daunnya berwarna hijau gelap menyerupai bintang. Untuk mengeluarkan aroma khasnya, tanah tempat geranium bernaung harus memiliki pH tanah 5,8 sampai 6,3.


3. Anthurium andraeanum

Beautiful brightness red Anthurium andraeanum , flamingo flowers or tailflower, painter's palette, and laceleaf. blossom in garden with  bright red spathe and heart shape green leaf. Nature backgroundFoto: iStockphoto/Pranee Mankit
Anthurium andraeanum adalah salah satu tanaman hias bunga indoor

Tanaman hias Anthurium memiliki bunga yang unik berbentuk hati dengan benang sari yang menonjol di tengahnya. Selain itu, warna bunga merah dan merah muda yang cerah seolah terlapisi lilin menjadikannya sangat menarik perhatian.

Tanaman yang masih tergolong keluarga araceae ini perlu disiram berkala agar tetap tumbuh subur dan berbunga indah sepanjang tahun.

4. Peace Lily

Peace Lily plant with several flowersFoto: iStockphoto/cadifor
Peace lily adalah salah satu tanaman hias bunga indoor

Peace lily memiliki bunga yang cantik berwarna putih. Tanaman ini juga mekar dengan cepat. Daunnya yang hijau lebat kontras dengan warna bunganya memberikan nuansa damai pada ruangan.

Bunga ini menyukai suasana teduh dan bisa bertahan hidup di dalam kamar meski tanpa jendela. Tanaman ini juga tak tahan dengan paparan angin dingin.


5. Tanaman bunga lipstik (Aeschynanthus radicans)

[Gambas:Instagram]

Aeschynanthus radicans atau lebih dikenal sebagai bunga lipstik adalah tanaman hias asal wilayah tropis. Disebut bunga lipstik karena bunganya tumbuh menyerupai kuncup berwarna merah menyala menyerupai pemulas bibir.

Lantaran tumbuh menjuntai bak pohon anggur, menjadikannya ideal untuk diletakkan dalam pot gantung atau dinding.


6. Cocor Bebek (Kalanchoe)

[Gambas:Instagram]

Tanaman cocor bebek berbunga termasuk keluarga tumbuhan cocor bebek namun menghasilkan bunga. Spesies cocor bebek yang menghasilkan bunga salah satunya Kalanchoe blossfeldiana.

Cocor bebek berbunga memiliki karakteristik daun cekung, tebal, dan lebar berwarna hijau mengilap. Cocor bebek blossfeldiana menghasilkan bunga berwarna cerah menyala seperti merah, kuning, oranye, dan merah muda.


7. Anggrek bulan (Phalaenopsis orchid)

Close up of pink orchids.Foto: istockphoto/Lemiuex
Anggrek bulan adalah salah satu tanaman hias yang bisa diletakkan indoor

Anggrek jenis Phalaenopsis ini merupakan varietas paling populer di Asia Tenggara dan wilayah tropis lainnya sebagai tanaman hias bunga indoor.

Anggrek bulan juga menjadi favorit banyak pencinta tanaman hias lantaran menghasilkan warna bunga beragam, seperti ungu, hijau, putih, atau merah muda tergantung pada varietasnya.

Merujuk TheSpruce, anggrek bulan adalah salah satu jenis yang mudah tumbuh selama perawatannya tepat. Bunga anggrek bulan mekar setahun sekali, sehingga setelah selesai mekar Anda harus menjaga tanaman tetap hidup dan sehat sampai musim berikutnya tiba.

8. Begonia

[Gambas:Instagram]

Tanaman hias bunga untuk indoor selanjutnya yang cukup populer adalah Begonia. Begonia memiliki beberapa jenis yakni wax, tuberous, cane, rhizomatous, dan rex.

Perbedaannya terdapat pada warna dan bentuk bunga serta bentuk daunnya. Namun, umumnya pegiat tanaman atau penyuka tanaman hias memelihara begonia tipe wax dan tuberous.

Wax memiliki ciri berbunga kecil dengan bentuk menyerupai daun bunga menyerupai Teratai berwarna merah muda dengan putik berwarna kuning di bagian tengah.

Sementara tuberous memiliki bunga kecil dengan bentuk menyerupai mawar dengan perpaduan warna merah dan kuning. Secara umum, perawatan varietas begonia tak jauh berbeda yang menyukai cahaya teduh serta kondisi tanah lembap.

(imb/fef)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK