Mengenal Sildenafil, Solusi Mengatasi Disfungsi Ereksi

tim, CNN Indonesia | Jumat, 09/04/2021 08:18 WIB
Disfungsi ereksi (DE) jadi pembunuh rasa percaya diri pria di ranjang. Namun ada berbagai solusi mengatasi disfungsi ereksi yang bisa dilakukan. Disfungsi ereksi (DE) jadi pembunuh rasa percaya diri pria di ranjang. Namun ada berbagai solusi mengatasi disfungsi ereksi yang bisa dilakukan. (Istockphoto/Staras)
Jakarta, CNN Indonesia --

Disfungsi ereksi (DE) jadi pembunuh rasa percaya diri pria di ranjang. Namun ada berbagai solusi mengatasi disfungsi ereksi yang bisa dilakukan.

Disfungsi ereksi tak hanya berimbas pada pria tetapi juga pasangan atau wanita sebab berpengaruh pada kepuasan seksual. Menurut ahli urologi, Dyandra Parikesit pengobatan DE akan tergantung pada kondisi tubuh pasien.

"Kalau baru mengalami, baru ada keluhan, tidak lama dilakukan intervensi termasuk menghilangkan faktor risiko, pola hidup sehat, juga pengobatan, outcome lebih baik. Beda dengan yang sudah bertahun-tahun, ada komorbid, pemulihannya lebih lama," jelas Dyandra dalam temu media virtual bersama DKT, Kamis (8/4).


Pengobatan memang salah satu solusi untuk mengatasi disfungsi ereksi. Dyandra berkata Sildenafil Sitrat atau kerap disebut Sildenafil merupakan obat yang umum digunakan. Bagaimana cara kerjanya?

Sebelum mengenal cara kerja Sildenafil, terlebih dahulu Anda perlu mengenal DE. DE membuat pria sulit mencapai atau mempertahankan ereksi demi hubungan seks yang memuaskan.

Mekanisme ereksi melibatkan beberapa unsur yakni, transmisi neural atau stimulasi, pembuluh darah yang sehat, jaringan ereksi yang baik juga unsur psikis. Saat semua unsur ini bekerja dengan baik, jaringan ereksi akan dialiri darah dan menjadi tegang. Dyandra berkata jaringan ini seperti balon yang akan mengeras saat terisi darah.

Akan tetapi, saat unsur-unsur ini tidak bekerja dengan baik maka ereksi sulit tercapai.

"Sildenafil akan menurunkan efek dan tingkat enzim PDE5, meningkatkan nitrit oksida, juga meningkatkan produksi cGMP dalam tubuh sehingga otot dan pembuluh darah pada penis rileks," kata Dyandra.

Enzim PDE5 atau phosphodiesterase-5 tersimpan di bagian penis yang disebut corpus cavernosum. Saat tidak ereksi, PDE5 akan memecah cGMP (cyclic guanosine monophosphate). Konsumsi Sidenafil akan menurunkan PDE5. Pembuluh darah rileks, aliran darah ke penis meningkat dan menurunkan aliran darah yang keluar dari penis. Ereksi pun tercapai.

Sildenafil bisa diperoleh di pasaran dengan berbagai label atau merk termasuk Topgra. Dyandra menyarankan untuk mengonsumsi Sildenafil satu jam sebelum berhubungan seks. Namun saat terjadi sesuatu sehingga hubungan seks harus tertunda tapi Sildenafil sudah tertelan, ini tak akan jadi soal. Anda tak perlu takut sebab ereksi tak akan terjadi tanpa stimulasi.

Meski mudah diperoleh dan harganya cukup terjangkau sebagai solusi mengatasi disfungsi ereksi, pria dengan kondisi tertentu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Dyandra berkata untuk pasien penyakit jantung memerlukan evaluasi dokter terlebih dahulu.

"Pasien penyakit jantung kami kenal penyakit jantung risiko ringan, berat, sedang. Kalau risiko ringan, silakan [konsumsi]. Tapi kalau baru ada serangan dalam tiga bulan terakhir, fungsi jantung tidak bagus, sebaiknya konsultasi dan dicek risikonya," katanya menambahkan.

(els/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK