5 Posisi Seks yang Mampu Bakar Kalori Lebih Banyak

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 09/05/2021 23:00 WIB
Tak hanya soal birahi dan suasana hati, seks juga mampu membantu membakar kalori. Berikut jumlah kalori yang dibakar lewat masing-masing posisi seks. Ilustrasi. Tak hanya soal birahi dan suasana hati, seks juga mampu membantu membakar kalori. (iStockphoto/nd3000)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak hanya meningkatkan suasana hati, seks juga bisa membantu membakar kalori. Ada beberapa posisi seks yang mampu membakar kalori lebih besar.

Namun, perlu diketahui, pembakaran kalori pada setiap orang saling berbeda satu sama lain. Seberapa banyak kalori yang dibakar akan tergantung pada berat badan, jenis atau posisi seks yang dilakukan, durasi, hingga seberapa aktif Anda selama sesi seks.

Sebuah studi yang pernah diterbitkan di jurnal PLoS One menemukan bahwa sesi seks 30 menit dapat membakar 150 kalori. Angka ini setara dengan joging selama 15 menit.


Ada teknik yang bisa Anda lakukan untuk mengubah seks lebih dari sekadar urusan birahi, tapi juga kesehatan dengan membakar kalori serta meningkatkan kebugaran.

Anda bisa mencoba beberapa posisi seks berikut, melansir In Style.

1. Doggy style

Dalam posisi ini, perempuan diperkirakan akan membakar sekitar 98 kalori, sedangkan pria membakar sekitar 150 kalori.

Personal trainer, Charlenne Ciardiello mengatakan, selain pembakaran kalori, posisi seks ini juga membantu tubuh melatih kekuatan otot. "Posisi ini menggunakan paha depan, paha belakang, lengan, bahu, bisep, dan trisep," kata dia.

2. Cowgirl atau reverse cowgirl

Dalam posisi ini, perempuan umumnya berada di bawah, sedangkan laki-laki berada di atas.

"Siapa pun yang berada di bawah, tidak dapat membakar banyak kalori dalam posisi ini," ujar Cardiello. Artinya, dalam posisi ini, laki-laki tak punya kesempatan membakar kalori lebih besar. Sementara perempuan yang berada di atas diperkirakan bisa membakar sekitar 122 kalori.

Untuk membuatnya lebih atletis, perempuan disarankan untuk mempertimbangkan posisi berjongkok dibandingkan bertumpu pada lutut. "Posisi ini meningkatkan detak jantung, yang dapat membantu Anda membakar 50 kalori lebih banyak," ujar Ciardiello.

3. Balerina

Balerina merupakan salah satu variasi posisi seks berdiri. Dalam posisi ini, perempuan diperkirakan bisa membakar sekitar 78 kalori dan laki-laki membakar sekitar 198 kalori.

4. Bridge

Posisi ini merupakan pilihan terbaik untuk menerima stimulasi G-spot. Pada posisi ini, perempuan diperkirakan akan membakar sekitar 85 kalori, sedangkan laki-laki membakar 60 kalori.

"Kaki, bokong, otot punggung, dan otot inti akan aktif dalam posisi ini," ujar seksolog Megwyn White.

Dalam posisi ini, otot dasar panggul akan bekerja dengan menopang tubuh tetap terangkat dan saat mendapatkan tekanan penetrasi.

5. Frog

Sebagai variasi posisi misionaris, posisi ini membuat perempuan dan laki-laki lebih intim dengan tubuh yang sangat berdekatan.

Dalam posisi ini, perempuan diperkirakan bisa membakar 122 kalori, sedangkan pria membakar 44 kalori.

"Ini bisa jadi cara yang bagus untuk peregangan kaki. Ini juga berarti pasangan akan saling menatap dan menyelaraskan napas," kata White.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK