Panduan Puasa Sehat Ramadan Bagi Ibu Hamil

tim, CNN Indonesia | Kamis, 22/04/2021 11:31 WIB
Ibu hamil sebenarnya tidak diwajibkan mengikuti puasa Ramadan. Namun tak dimungkiri ibu hamil juga ingin ikut puasa di bulan ini. Berikut panduannya. (Istockphoto/ Shironosov)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ibu hamil sebenarnya tidak diwajibkan mengikuti puasa Ramadan. Namun tak dimungkiri ibu hamil juga ingin ikut puasa di bulan ini.

Sebenarnya, berpuasa bagi ibu hamil juga bisa membawa banyak manfaat. Melansir Alodokter, puasa saat hamil dapat membantu mengatur berat badan sang ibu, memperbaiki metabolisme tubuh, dan mengurangi risiko penyakit diabetes. Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ibu hamil ingin berpuasa.

Dokter Spesialis Kandungan RS Unair, Budi Santoso mengatakan, tidak semua ibu hamil bisa melaksanakan puasa Ramadan. Hal pertama yang mesti diperhatikan bagi ibu hamil yang ingin berpuasa adalah kondisi fisik bayi dan ibu harus dalam keadaan sehat.


"Tidak setiap orang hamil boleh berpuasa, syarat pertamanya yaitu kondisi bayi dan ibunya dalam keadaan baik," kata Budi kepada CNNIndonesia.com, Rabu (14/4).

Ia juga tidak menyarankan puasa pada trimester pertama, saat ibu hamil sering mual dan muntah. Budi menjelaskan, ibu hamil yang mengalami mual dan muntah pada trimester pertama riskan untuk berpuasa lantaran berisiko mengalami kekurangan nutrisi yang dibutuhkan.

Ibu hamil memerlukan nutrisi amtara 180- 300 (tergantung pada trimesternya) kalori lebih banyak dari asupan sehari-hari.

Menurut Riskesdas, perempuan di usia produktif memerlukan 2150-2250 kkal. Jika biasanya seorang perempuan memerlukan 2.150 kalori untuk beraktivitas, maka jika dalam keadaan hamil membutuhkan tambahan kalori antara 180-300 kalori untuk beraktivitas.

Jika pada trimester pertama ibu hamil tak merasakan gejala mual dan muntah, maka diperbolehkan berpuasa atas saran dokter.

Namun lain cerita kalau bumil mengalami morning sickness. sebaiknya tidak ikut berpuasa karena punya risiko kekurangan nutrisi dan dehidrasi.

"Kalau ibu hamil tidak mual-muntah di trimester pertama, boleh berpuasa, tapi sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter untuk memastikan kesehatan bayi dan ibunya," ujar Budi.

Berikut beberapa tips lainnya agar ibu hamil yang berpuasa tetap sehat dan bugar.

1. Membalik jadwal makan

Budi mengatakan, jadwal makan untuk ibu hamil tetap sehari tiga kali saat berpuasa. Ibu hamil bisa makan ketika berbuka, sebelum tidur, dan ketika sahur. Makan tiga kali sehari diperlukan agar asupan kalori yang diperlukan dapat terpenuhi seharian.

"Kalau biasanya makan pagi, siang, malam, dibalik jadi maghrib ketika berbuka, sebelum tidur, dan ketika sahur, supaya asupan kalorinya terpenuhi," ujarnya.

Aturan Makan dan Minum

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK