7 Manfaat Jagung Muda, Obat Darah Tinggi

tim, CNN Indonesia | Jumat, 16/04/2021 08:31 WIB
Berikut sejumlah manfaat jagung muda termasuk menjadi obat darah tinggi. Ilustrasi. Berikut sejumlah manfaat jagung muda termasuk menjadi obat darah tinggi. (iStockphoto/maggeee)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jagung dikenal sebagai bahan dasar kaya karbohidrat dan penuh nutrisi. Tidak hanya yang matang, jagung muda pun memiliki sejumlah manfaat termasuk sebagai obat darah tinggi.

Jagung muda adalah jagung yang biasanya dipanen lebih awal. Karena dipanen lebih awal, kandungan gulanya pun tidak sebanyak jagung matang.

Selain itu, jagung muda diketahui memiliki kadar lemak rendah dan banyak kandungan protein, kalsium, kalium, berbagai vitamin (A, C, B12, B15), serat dan senyawa lain.


Sebagai perbandingan, didapat dari berbagai sumber, jagung biasa dengan berat 3 ons, memiliki sekitar 22 gram karbohidrat. Sedangkan pada jagung muda dalam jumlah yang sama, hanya mempunyai 8 gram karbohidrat saja.

Berikut sejumlah manfaat jagung muda termasuk sebagai obat darah tinggi, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengontrol kolesterol

Jagung muda kaya akan vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid. Seperti dilansir HealthSite, kandungan-kandungan tersebut bantu menjaga kesehatan jantung Anda dengan mengontrol kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah.

2. Mencegah anemia

Jagung muda diyakini juga membantu mencegah anemia karena kandungan zat besi di dalamnya. Ini bisa mencegah kekurangan zat besi seperti anemia.

3. Meningkatkan sistem pencernaan

Menurut ahli diet di Nayati Hospital, India, dr Aastha Sharma, karena tinggi serat, jagung muda juga membantu meredakan sembelit. Sebuah penelitian juga merekomendasikan penggunaannya pada pasien kanker usus besar.

4. Mengurangi tekanan darah tinggi

Berkat kandungan fenol, jagung muda membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Tak ayal, jagung muda kemudian diyakini bisa menjadi obat darah tinggi.

5. Asupan penting selama kehamilan

Jagung muda adalah sumber asam folat yang sangat baik dan baik untuk menambah berat badan bayi. Sembelit adalah keluhan umum selama kehamilan, oleh karena itu menambahkan jagung muda ke dalam makanan sehat untuk wanita hamil. Pasalnya, jagung muda juga kaya akan serat yang membantu kelancaran pencernaan.

6. Mengurangi risiko kanker

Jagung muda adalah sumber antioksidan yang kaya yang melawan radikal bebas penyebab kanker dan dengan demikian bantu mengurangi risiko kanker.

7. Meningkatkan penglihatan mata

Sumber vitamin A yang kaya membantu menjaga penglihatan yang baik dan jagung muda adalah sumber yang baik. Anda juga dapat mencoba pengobatan rumahan ini untuk meningkatkan penglihatan.

(agn/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK