TAJIL

Orang Berpuasa Seharusnya Dihormati atau Menghormati?

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 17/04/2021 04:07 WIB
Dalam menjalani kehidupan, manusia seringkali menuntut dan meminta orang lain untuk memenuhi yang diinginkan. Namun, kalau hanya meminta, siapa yang memberi? Ilustrasi. Dalam menjalani kehidupan, manusia seringkali menuntut dan meminta orang lain untuk memenuhi yang diinginkan. Namun, kalau hanya meminta, siapa yang memberi? (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selama bulan Ramadan 2021, CNNIndonesia.com menghadirkan tanya jawab seputar Islam (Tajil). Kali ini, tanya jawab seputar Islam membahas tentang orang berpuasa seharusnya dihormati atau menghormati orang lain.

Tanya

Apakah orang yang berpuasa harus dihormati atau menghormati orang lain?


Jawab

Narasumber: Menteri Agama Indonesia 2014-2019, Lukman Hakim Saifuddin

Ass. Wr. Wb.

Apakah orang yang berpuasa harus dihormati atau menghormati orang lain?

Hidup ini seringkali dijalani dengan menempuh dua cara, yaitu memberi dan meminta.

Namun dalam menjalani kehidupan, jarang sekali kita memberi. Kita seringkali menuntut dan meminta. Kita suka menuntut ini itu, meminta orang lain memenuhi apa yang kita mau.

Kita lupa bila setiap orang hanya bisa meminta, lalu siapa yang bisa memberi?

Di bulan suci Ramadan ini, ada sebagian kita yang berpuasa, yang menuntut dan meminta dihormati karena sedang menjalani puasa.

Tentu, hal ini bisa dimengerti. Namun, patut disayangkan bila tuntutan itu tidak diimbangi dengan kesediaan menghormati mereka yang karena satu dengan lain hal sedang tidak berpuasa.

Boleh jadi kita yang sedang berpuasa ini lupa bahwa ada juga sesama saudara di sekitar kita yang sedang tidak berpuasa, yang juga perlu dihormati.

Mereka yang sedang di perjalanan, sedang datang bulan, perempuan hamil atau menyusui, yang sedang sakit misalnya, atau yang karena keyakinan agamanya memang tak wajib untuk berpuasa.

Mereka pun adalah saudara-saudara kita yang juga perlu dihormati, justru oleh kita yang sedang berpuasa.

Maka marilah semua kita saling menghormati, dengannya kehormatan bisa kita miliki bersama. Sebab, bila setiap orang hanya minta dihormati, tak satu orang pun yang akan mendapat kehormatan.

Namun, bila kita saling memberi hormat, semua akan mendapat kehormatan.

Wass. Wr. Wb.

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK