Kata Dokter Soal Minum Segelas Air Putih Menjelang Imsak

tim, CNN Indonesia | Jumat, 23/04/2021 03:00 WIB
Orang yang berpuasa biasanya minum lebih banyak air putih jelang imsak karena takut kehausan dan dehidrasi saat beraktivitas sehari-hari. Apa pendapat dokter? Orang yang berpuasa biasanya minum lebih banyak air putih jelang imsak karena takut kehausan dan dehidrasi saat beraktivitas sehari-hari. Apa pendapat dokter? (Thinkstock/Hyrma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Orang yang berpuasa mungkin akan minum lebih banyak air putih saat sahur karena takut kehausan dan dehidrasi saat beraktivitas sehari-hari. Tak jarang, orang-orang cenderung akan minum banyak air putih jelang waktu imsak.

Namun, benarkah cara ini efektif untuk mencegah rasa haus datang saat berpuasa?

Berpuasa rasanya bisa jadi kurang lengkap kalau tidak sahur. Selain bertujuan mengisi nutrisi yang diperlukan sebelum menjalankan puasa, bangun sahur juga dihitung sebagai ibadah itu sendiri.


Ketika sahur, idealnya seseorang mengonsumsi makanan rendah gula, kaya serat, tinggi protein, vitamin dan mineral. Konsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air sangat disarankan agar tak lapar dan dehidrasi saat beraktivitas.

Selain makanan tak kalah penting adalah air putih yang dikonsumsi saat sahur. Konsumsi dua gelas air putih saat sahur sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan untuk menjalani hari.

Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG) sekaligus Dokter Spesialis Gizi Diana Sunardi mengatakan, segelas air putih sebelum makan sahur dapat membantu perut mempersiapkan diri untuk makanan lebih baik. Setelah makan, minum segelas air putih untuk membantu mencerna makanan.

Diana kemudian mengatakan bahwa minum tambahan air putih mendekati waktu imsak justru disarankan karena terbukti baik untuk tubuh.

Dia mengatakan, konsumsi air putih mendekati waktu imsak dapat memberikan cadangan cairan ekstra dalam tubuh yang diperlukan ketika beraktivitas. Minum air putih juga membantu memberikan energi pada otot sehingga tidak mudah lelah.

"Sebenarnya minum air putih menjelang imsak itu bagus sekali, karena bisa memberikan cadangan cairan pada tubuh menjalani kegiatan sehari-hari," kata Diana, dalam webinar bersama Aqua, Selasa (20/4).

Selain memberikan cadangan cairan, ekstra air putih yang dikonsumsi menjelang imsak juga membantu menetralisir makanan yang dikonsumsi. Makanan juga dapat dicerna lebih baik dengan air putih.

"Kemudian minum air putih saat imsak juga membantu menetralisir makanan yang kita makan saat sahur sehingga lebih mudah terserap tubuh," tuturnya.

Hanya saja, ia memberi catatan agar berhati-hati dan tidak mengkonsumsi air putih dalam jumlah berlebih saat sahur. Diana mengungkapkan bahwa konsumsi air putih berlebihan dapat menyebabkan perut kembung sehingga tidak nyaman ketika akan beraktivitas.

"Minum air putih yang baik itu secukupnya, dua liter sehari, kecuali kalau punya aktivitas fisik berat, boleh ditambah 1-2 gelas," ucapnya.

(mel/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK