HARI BUMI

Hari Bumi, Gerakan Perubahan Demi Selamatkan Lingkungan

tim, CNN Indonesia | Kamis, 22/04/2021 09:00 WIB
Earth Day alias Hari Bumi diperingati setiap 22 April sebagai gerakan kesadaran global demi selamatkan lingkungan. Ilustrasi. Hari Bumi, Gerakan Perubahan Demi Selamatkan Lingkungan. (iStockphoto/Cimmerian)
Jakarta, CNN Indonesia --

22 April dicanangkan sebagai Earth Day alias Hari Bumi. Hari Bumi jadi salah satu peringatan terbesar di dunia. Lebih dari satu miliar orang ambil bagian untuk mengadakan perubahan baik perilaku maupun kebijakan lokal maupun nasional.

Akan tetapi, sebelum jadi gerakan kesadaran global, kekhawatiran akan kondisi lingkungan datang dari Amerika Serikat. Seperti tertulis di laman resmi The Earth Day, Senator Gaylord Nelson, senator junior dari Wisconsin mengkhawatirkan kondisi lingkungan yang makin memburuk di Amerika Serikat.

Beberapa dekade sebelum 1970, orang AS menghirup gas bertimbal dalam jumlah besar dari polusi kendaraan. Industri pun mengeluarkan asap dan lumpur. Padahal jika mau disadari, pencemaran lingkungan bisa mengancam kehidupan manusia.


Pada 1969, terjadi tumpahan minyak besar-besaran di Santa Barbara, California. Nelson pun bergerak demi menyadarkan publik tentang polusi udara dan air. Ia mengumumkan gagasan untuk mengajar di kampus-kampus. Pete McCloskey, anggota Kongres Partai Republik menjadi wakil ketua.

Kemudian Denis Hayes, aktivis muda, direkrut untuk mengatur jadwal pengajaran di kampus. 22 April, hari kerja antara libur musim semi dan ujian akhir dipilih demi memaksimalkan partisipasi siswa.

Menyadari potensinya begitu besar untuk menginspirasi seluruh orang AS, Hayes membentuk 85 staf nasional untuk promosi acara. Program ini pun disebut Earth Day dan sontak menarik perhatian media nasional.

Saat itu, Earth Day menginspirasi 20 juta orang Amerika atau 10 persen dari populasi total. Mereka turun ke jalan, taman dan auditorium untuk mendemonstrasikan dampak 150 tahun pembangunan industri termasuk kesehatan manusia juga kerusakan lingkungan.

Tak main-main, dampak dari Earth Day di 1970 membawa perubahan pada politik AS. Saat itu terbentuk United States Environmental Protection Agency dan pengesahan undang-undang lingkungan pertama termasuk National Environmental Education Act (UU Pendidikan Lingkungan Nasional), Occupational Safety and Health Act (UU Keselamatan dan Kesehatan Kerja), dan Clean Air Act (UU Udara Bersih).

Earth Day pun mendunia mulai 1990. Para pemimpin kelompok pemerhati lingkungan meminta Hayes untuk sekali lagi mengorganisir kampanye global untuk bumi. Sekitar 200 juta orang dari 141 negara mengangkat isu serupa soal bumi dan lingkungan.

Ada dorongan besar untuk upaya daur ulang dan membuka jalan bagi United Nations Earth Summit (KTT Bumi PBB) di 1992 di Rio de Janeiro. Di momen ini, Nelson diberi penghargaan Presidential Medal of Freedom, penghargaan tertinggi buat warga sipil AS untuk perannya sebagai pendiri Earth Day.

Sejak saat itu, Earth Day atau Hari Bumi jadi perayaan global. Berbagai gerakan dilakukan baik secara kelompok maupun individu. Apa yang sudah Anda lakukan demi kelestarian bumi kita?

(els/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK