7 Fakta Menarik Sungai Gangga, dari Kumbh Mela sampai Polusi

CNN Indonesia | Rabu, 21/04/2021 14:42 WIB
Berikut tujuh fakta menarik Sungai Gangga, sungai sakral sekaligus yang paling tercemar di dunia. Pemandangan tepi Sungai Gangga di India. (AP/Altaf Qadri)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sungai Gangga mendapat sorotan setelah ritual Kumbh Mela disebut menjadi biang keladi naiknya angka penularan virus Corona di India.

Sungai Gangga ialah sungai paling sakral dalam agama Hindu. Sungai ini disebut sebagai penjelmaan Dewi Gangga yang merupakan dewi pemberi kesuburan dan pembersih dosa dengan air yang dikucurkan dari gucinya,

Setiap hari banyak umat Hindu yang melakukan ritual di tepi sungai ini. Jika ada keluarga yang meninggal, mereka juga akan melakukan pendakian ke hulu sungai yang berada di kaki Pegunungan Himalaya untuk menabur abu kerabatnya.

Berikut tujuh fakta menarik Sungai Gangga, sungai sakral sekaligus yang paling tercemar di dunia:


1. Dari Himalaya

Sungai Gangga mengalir 2.525 kilometer dari Pegunungan Himalaya ke Teluk Benggala di utara India dan Bangladesh.

Hulu Sungai Gangga berasal dari Gletser Gangotri di Himalaya yang berada berada di ketinggian 3.892 meter.

Sungai Gangga mengalir melalui negara-negara India dan Bangladesh.

Untuk sebagian besar alirannya, Sungai Gangga mengalir melalui wilayah India, meskipun delta besarnya di daerah Bengal, yang berbagi dengan Sungai Brahmaputra, sebagian besar terletak di Bangladesh.

Mouni Baba, a Hindu holy man, fetches water from a stream at the feet of Mount Shivling in Tapovan, at an altitude of 4500 meters in the northern Indian state of Uttarakhand, Friday, May 10, 2019. Mouni Baba, on a silent vow, has been meditating in Tapovan for years, even during the long months when winter makes the place inaccessible. Tapovan is located just above Gangotri glacier, which is one of the primary sources of water for the Ganges. (AP Photo/Altaf Qadri)Hulu Sungai Gangga di kaki Pegunungan Himalaya. (AP/Altaf Qadri)

2. Sungai terpanjang di India

Sungai Gangga adalah sungai terbesar ketiga di dunia berdasarkan debit dan sungai terpanjang ke-34 di dunia.

Kedalaman rata-rata sungai adalah 16 meter, dan kedalaman maksimumnya 30 meter.

Sungai-sungai utama yang mengalir ke Sungai Gangga adalah: Ramganga, Gomti, Ghaghara, Gandaki, Burhi Gandak, Koshi, Mahananda, Tamsa, Yamuna, Son, dan Punpun.

Mulut Sungai Gangga membentuk delta terbesar di dunia, yang dikenal sebagai Sunderbans, dan dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1997. Luasnya lebih dari 105 ribu kilometer persegi.

Cekungan Gangga dengan tanahnya yang subur sangat penting bagi ekonomi pertanian India dan Bangladesh.

Sungai Gangga dan anak-anak sungainya menyediakan sumber irigasi sepanjang tahun untuk area yang luas. Tanaman utama yang dibudidayakan di daerah tersebut antara lain padi, tebu, lentil, minyak biji-bijian, kentang, dan gandum.

3. Sungai sakral

Haridwar, India - December 27, 2014: Statue of Goddess Ganga, Haridwar, IndiaPatunng Dewi Gangga di Sungai Gangga. (iStockphoto)

Sejak zaman dahulu kala, Sungai Gangga dianggap sungai paling suci dalam agama Hindu.

Sungai ini diiibaratkan sebagai Dewi Gangga dan diyakini bahwa mandi di sungai membawa keberuntungan, menyebabkan pengampunan dosa seseorang dan memfasilitasi moksa (pembebasan dari siklus hidup dan mati).

Dewi Gangga sering digambarkan dalam budaya India memiliki empat tangan dan duduk di atas vahana (kendaraan) miliknya, Makara, hewan berkepala buaya dan ekor lumba-lumba.

Ada banyak tempat suci di sepanjang Sungai Gangga termasuk Gangotri, Haridwar, Allahabad, Varanasi dan Kali Ghat.

Kumbh Mela adalah ritual agama Hindu berupa mandi massal di tepi Sungai Gangga yang dirayakan di empat tempat: Haridwar, Prayag, Ujjain dan Nashik.

Diperkirakan 120 juta orang mengunjungi Kumbh Mela di Allahabad pada 2013. Tahun ini di tengah pandemi virus Corona Kumbh Mela tetap digelar, yang disebut menjadi akibat merangkaknya angka penularan di India.

Devotees gather for evening prayer on the banks of the Ganges river during Kumbh Mela, or the Pitcher Festival, amidst the spread of the coronavirus disease (COVID-19), in Haridwar, India, April 13, 2021. REUTERS/Anushree FadnavisRitual Kumbh Mela di tepi Sungai Gangga pada pertengahan 13 April 2021. (REUTERS/ANUSHREE FADNAVIS)

7 Fakta Menarik Sungai Gangga, dari Kumbh Mela sampai Polusi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK