5 Jenis Apel yang Bagus untuk Diet, Bantu Kontrol Berat Badan

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 19/05/2021 09:08 WIB
Terdapat jenis apel yang bagus untuk diet lantaran memiliki kandungan gula yang lebih sedikit sehingga penurunan berat badan akan lebih efektif. Terdapat jenis apel yang bagus untuk diet lantaran memiliki lebih sedikit kandungan gula sehingga penurunan berat badan akan lebih efektif. (Foto: Pixabay/skeeze)
Jakarta, CNN Indonesia --

Apel adalah buah yang paling populer dengan beragam nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Buah apel juga dipercaya dapat membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan.

Dalam sebuah apel segar, terdapat kandungan flavonoid, vitamin C, kalium, vitamin K dan B, serta kaya serat, merujuk Healthline.

Serat yang ada dalam apel meningkatkan rasa kenyang sehingga dapat mengurangi keinginan ngemil dan cenderung makan lebih sedikit.


Akan tetapi, terdapat jenis apel yang bagus untuk diet. Apel-apel ini memiliki kandungan gula yang lebih sedikit sehingga penurunan berat badan akan lebih efektif.

1. Apel Granny Smith

Ilustrasi apel hijauGranny smith adalah apel yang bagus untuk diet sekaligus mencegah diabetes (Foto: Pixabay/Counselling)

Apel Granny Smith merupakan apel hijau yang baik untuk diet. Pada setiap buahnya, masing-masing hanya mengandung sekitar 80 kalori, melansir LiveStrong. 

Apalagi jika dikonsumsi bersama kulitnya yang mengandung banyak serat alami, vitamin, mineral, dan antioksidan. Kandungan seratnya juga membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Merujuk artikel Irish Health pada 2009, apel Granny Smith terbukti mengandung kadar antioksidan yang lebih tinggi ketimbang jenis apel lainnya. Selain itu, kadar gulanya yang rendah tak hanya direkomendasikan bagi pelaku diet namun juga penderita diabetes.


2. Apel Royal Gala

Royal gala apples on wooden backgroundRoyal gala adalah salah satu apel yang bagus untuk diet (Foto: iStockphoto/aluxum)

Apel gala adalah varietas apel yang cukup populer di Indonesia. Kulitnya yang tipis dan tekstur daging yang renyah dengan rasa mirip vanila membuatnya banyak disukai untuk dimakan langsung atau dipanggang.

Berdasarkan Nutrition Journal pada 2015, menemukan bahwa anak dan remaja yang mengonsumsi apel gala secara teratur cenderung lebih sedikit mengalami obesitas. Ini karena apel gala mengandung tinggi serat dan rendah kalori, sekitar 60-80.

Selain itu, kandungan polifenolnya dapat membantu mengurangi berat badan dan mencegah penyakit kardiovaskular yang disebabkan oleh penumpukan lemak serta peradangan.


3. Apel Manalagi

[Gambas:Instagram]

Apel yang bagus untuk diet selanjutnya adalah manalagi. Jenis buah yang merajai pasar apel lokal ini memiliki aroma wangi yang khas.

Ukuran buahnya tergolong kecil namun memiliki rasa cukup manis dengan tekstur yang renyah.

Kulit buahnya yang berwarna hijau kekuningan disebut mengandung zat antioksidan bernama quercetin. Quercetin ini mengaktifkan metabolisme oksidatif sehingga membantu menekan risiko kenaikan berat badan.


4. Apel Cripps Pink

Cripps Pink apples and Pink Lady apples are the exact same apple with the same pink color and quality. The only difference is that Pink Lady® is a registered trademark of the Pink Lady Apple Association.  Pink Lady® was one of the first apples to be marketed under a specific brand name rather than by its variety name.Cripps Pink adalah salah satu apel yang bagus untuk diet (Foto: iStockphoto/jlipko)

Apel yang disebut juga pink lady adalah varietas apel premium dengan harga yang cukup tinggi. Apel impor ini memiliki warna pink merona dengan rasa manis, segar, juicy, dan bertekstur renyah.

Dalam 100 gram apel cripps pink lady ukuran sedang hanya mengandung 50 kalori, tanpa lemak dan natrium. Selain itu, apel ini adalah sumber vitamin C yang baik.

Vitamin C berkaitan dengan metabolisme molekul lemak. Pada tubuh orang yang cukup asupan vitamin C-nya akan lebih optimal kehilangan massa lemak di perut dan pinggang.


5. Apel Anna

Buah apelIlustrasi. Apel anna adalah jenis apel yang bagus untuk diet (Foto: Pixabay/MarcoRoosink)

Apel berwarna hijau dengan semburat kemerahan ini memiliki tekstur buah yang renyah dengan rasa yang lembut. Semakin merah kulit luarnya, dagingnya semakin lembut dan lebih manis.

Apel Anna mengandung vitamin A dan B, zat besi, kalium, dan fosfor. Apel yang banyak dibudidayakan di wilayah tropis ini merupakan sumber serat larut yang bermanfaat untuk mencegah risiko penyakit jantung dan menyehatkan pencernaan.

Itulah 5 jenis apel yang bagus untuk diet. Mengonsumsi apel yang paling baik adalah dikonsumsi secara utuh. Dengan tidak membuang kulitnya, manfaat dan nutrisi penting di dalamnya tak akan hilang.

(fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK