7 Cara Terbaik Mengolah Kentang Menurut Koki

tim, CNN Indonesia | Selasa, 04/05/2021 12:15 WIB
Agar olahan kentang semakin mantap di lidah, berikut cara memasak kentang yang disarankan para koki. Agar olahan kentang semakin mantap di lidah, berikut cara memasak kentang yang disarankan para koki. (Pixabay/couleur)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kentang merupakan bahan baku masakan yang bisa diolah dengan ragam cara. Mau digoreng, kukus, rebus, ataupun bakar, kentang tetap menjadi sajian nikmat yang cocok jadi pendamping ragam menu lainnya.

Namun, tahukah Anda beberapa cara mengolah kentang bisa memudarkan rasa sehingga mengurangi kelezatan kentang?

Agar olahan kentang semakin mantap di lidah, berikut cara memasak kentang yang disarankan para koki.


1. Pilih kentang yang sesuai

Sebelum mengolahnya menjadi hidangan lezat, Anda sebaiknya memilih kentang yang tepat disesuaikan dengan kreasi masakan.

Koki di SoBou Restaurant Byron Halliburton mengatakan, beberapa varietas kentang lebih cocok untuk hidangan tertentu. Kentang berwarna kecoklatan dan rendah air cocok untuk dijadikan kentang goreng, kentang tumis, atau kentang panggang.

Sementara kentang yang warnanya lebih merah lebih cocok dibuat sup, rebusan, atau dijadikan salad karena kandungan airnya yang tinggi.

"Ada satu kentang yang disebut 'kentang serbaguna' itu adalah kentang kuning, dia bisa dipanggang, dihaluskan, atau digunakan dalam sup atau salad," kata Halliburton, seperti dikutip Insider, Rabu (28/4).

Selain itu, pastikan juga Anda membeli kentang dalam kondisi yang baik. Kentang Anda sebaiknya bersih, lembut, kulitnya tanpa bekas potongan, dan tidak ada kecambah yang tumbuh.

2. Simpan di tempat sejuk dan gelap

Tempat penyimpanan kentang juga mesti diperhatikan karena bisa mengubah rasanya. Halliburton mengatakan, kentang paling baik disimpan di lingkungan sejuk, gelap, dengan ventilasi yang baik. Namun sebaiknya tidak menyimpannya di lemari es karena bisa mengubah rasanya.

"Pada suhu lemari es, pati kentang mulai berubah menjadi gula, yang dapat mengubah rasanya dan mempengaruhi resep Anda," katanya.

Selain itu, sebaiknya olah kentang Anda dalam kurun waktu kurang dari seminggu. Saat disimpan dalam kondisi ideal, kentang memang bisa bertahan selama beberapa minggu. Namun, waktu terbaik menggunakannya dalam waktu seminggu setelah Anda membelinya.

Jika Anda tidak dapat menggunakan semua kentang tepat waktu, simpanlah dalam freezer. Bekukan dengan cara memotongnya sesuai keinginan Anda, potong memanjang, atau potong dadu. Kentang yang dibekukan bisa bertahan hingga satu tahun dalam freezer.

3. Simpan kentang yang sudah dikupas dalam air

Agar kentang tak menjadi kecoklatan, simpan kentang yang sudah dikupas kulitnya di dalam air dingin hingga siap dipotong. Kentang yang sudah dikupas mudah teroksidasi dan dapat berubah warna menjadi kecoklatan jika dibiarkan dalam waktu lama.

Koki di Institute Culinary Education, Palak Patel mengatakan, Anda bisa menyimpannya pada air dingin sambil menyiapkan bahan-bahan masak yang Anda perlukan. Setelah siap segala bahan di meja dapur Anda, barulah mengolah kentang.

Kentang Anda juga tidak akan berubah warna karena air membilas pati dan mencegahnya berubah warna.

Simak cara terbaik mengolah kentang di halaman berikutnya.

7 Cara Terbaik Mengolah Kentang Menurut Koki

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK