Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan: Energi hingga Antioksidan

CNN Indonesia | Selasa, 04/05/2021 05:40 WIB
Selain menghilangkan rasa haus, air kelapa juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Ilustrasi. Selain menghilangkan rasa haus, air kelapa juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. (iStockphoto/cherrybeans)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selain menghilangkan rasa haus, air kelapa , baik dari kelapa muda atau kelapa hijau, mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Air kelapa, yang kerap diminum saat cuaca terik, disajikan dingin untuk menghilangkan dahaga, tidak sulit ditemukan di Indonesia karena pohonnya yang tumbuh subur di banyak daerah.

Dokter spesialis gizi klinis Samuel Oetoro menyampaikan banyak kandungan nutrisi dalam kelapa. Karena kandungan nutrisinya, konsumsi buah kelapa baik untuk menjaga kesehatan tubuh.


"Kandungan zat gizi dan kelapa itu banyak. Kelapa juga bisa jadi salah satu sumber energi yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari, mau itu air atau daging buahnya," kata Samuel saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (28/4).

Berikut kandungan gizi kelapa yang baik untuk kesehatan.

1. Karbohidrat

Minum air kelapa bisa menambah energi yang diperlukan tubuh. Sebabnya, baik air kelapa maupun daging buahnya mengandung karbohidrat.

Selain itu, kandungan karbohidrat dalam buah kelapa juga tinggi kandungan gula buah (fruktosa) dan rendah gula (glukosa). Fruktosa tidak membutuhkan insulin untuk masuk ke dalam sel tubuh, sehingga tidak meningkatkan kadar gula dalam darah.

"Kandungan gula pada kelapa lebih tinggi fruktosanya, dia gula alami yang tidak membutuhkan insulin untuk masuk dalam sel," kata Samuel.

2. Mineral

Dokter spesialis gizi klinis Luciana B Sutanto mengatakan, air kelapa tinggi kandungan mineral seperti kalium, magnesium, dan zat besi.

Kandungan mineral ini membantu membentuk enzim, membangun kepadatan tulang dan gigi, serta membantu kerja setiap organ dalam tubuh termasuk sel saraf.

3. Serat

Karena termasuk dalam kategori buah, kelapa juga kaya akan serat. Meski tak menghasilkan energi, serat sendiri penting bagi tubuh karena memelihara kesehatan sistem pencernaan.

Luciana mengatakan, kandungan serat pada kelapa tua jauh lebih tinggi daripada kelapa muda. Jika ingin mendapatkan manfaat dari serat buah kelapa, maka Anda perlu memilih kelapa tua yang tingkat kematangannya pas.

"Kalau untuk serat, tiap kelapa sama-sama punya kandungan serat yang tinggi. Tapi, kelapa tua punya lebih banyak serat daripada kelapa muda," kata Luciana.

4. Vitamin B dan C

Air kelapa diketahui punya kandungan vitamin larut air yakni vitamin B dan C. Agar mendapat kandungan vitamin B dan C yang maksimal, Anda perlu mengkonsumsi kelapa dalam keadaan segar yang baru dibuka tanpa menambahkan es batu atau memanaskannya. Memanaskan air kelapa bisa mengurangi kandungan vitamin dan mineral yang ada.

Vitamin C juga mudah hilang bahkan ketika bersentuhan dengan udara. Sebaiknya konsumsi kelapa sesegera mungkin setelah dibuka agar tak mengurangi kandungan vitamin di dalamnya.

5. Antioksidan

Kelapa juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh. Karena itu, konsumsi kelapa dapat membantu menjaga kesehatan sistem metabolisme dalam tubuh.

Manfaat Kelapa Hijau

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK