3 Hal Tak Disadari yang Sebabkan Klaster Covid-19 di Kantor

tim, CNN Indonesia | Kamis, 06/05/2021 19:40 WIB
Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Agus Dwi Susanto mengatakan, peningkatan klaster kantor bisa terjadi karena tindakan yang tidak disadari. Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Agus Dwi Susanto mengatakan, peningkatan klaster kantor bisa terjadi karena tindakan yang tidak disadari. (iStockphoto/KatarzynaBialasiewicz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebagian orang mungkin tak bisa work from home (WFH) dan harus bekerja langsung di meja kerja. Meski pemerintah sudah mengeluarkan syarat ketat untuk bekerja di kantor, namun risiko penularan Covid-19 tetap ada.

Belum lama ini, klaster perkantoran di DKI Jakarta juga dikabarkan meningkat. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, peningkatan klaster perkantoran mungkin disebabkan karena euforia vaksinasi Covid-19. Hal itu ia sampaikan mengingat sebagian kasus Covid-19 di perkantoran terjadi di kantor yang penghuninya sudah menerima vaksinasi.

"Sekalipun ada vaksinasi jangan sampai hadirnya vaksinasi justru membuat kita lengah, lupa, sebaliknya semakin meningkatnya vaksinasi justru kita semakin mengetatkan protokol kesehatan," kata Riza belum lama ini.


Anda dan lingkungan sekitar mungkin sudah disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan. Namun risiko penularan Covid-19 tetap ada bahkan ketika Anda sudah mengikuti protokol dengan benar sekalipun.

Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Agus Dwi Susanto mengatakan, peningkatan klaster kantor bisa terjadi karena tindakan yang tidak disadari. Tindakan-tindakan ini biasanya dianggap sepele namun berbahaya karena bisa berpotensi menularkan virus Covid-19.

"Sebenarnya ada banyak cara menghindari penularan Covid-19, tapi kadang beberapa saat kadang orang lengah di kantor," kata Agus, dalam dalam diskusi daring 'Klaster Perkantoran Meningkat Kembali, Apa yang Harus Dilakukan?,'Rabu (5/4).

3 Hal Tak Disadari yang Sebabkan Klaster Covid-19 di Kantor

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK