Yin Yang Yu, Ikan Goreng Kontroversial China

tim, CNN Indonesia | Jumat, 07/05/2021 15:35 WIB
Di China, yin yang juga menjadi dalam makanan. Namun sajiannya kontroversial karena proses pembuatan dan penyajiannya. ilustrasi: (sharonang/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Yin dan Yang selama ini dikenal sebagai konsep dualisme yang menggambarkan bagaimana kekuatan yang tampaknya berlawanan atau berlawanan sebenarnya bisa saling melengkapi, saling berhubungan, dan saling bergantung.

Kedua gambar ini digambarkan sebagai dalam kombinasi warna hitam dan putih.

Di China, yin yang juga menjadi dalam makanan. Di negara ini, terdapat sebuah makanan yang disebut sebagai yin yang fish. namun, makanan tersebut merupakan makanan kontroversial.


Yin yang fish dikenal sebagai yin yang yu, dead or alive fish atau ikan setengah mati dan setengah hidup. Hidangan ini bukan makanan untuk orang yang 'tak tegaan,' namun banyak orang pasti menganggapnya sadis dan mengerikan.

Mengutip berbagai sumber, ikan Yin Yang ini disebut ditemukan pada awal tahun 2000-an oleh seorang restauranteur di Kota Chiayi, Taiwan.

Hidangan ini disajikan dalam satu ikan utuh, biasanya ikan gurame. Terlihat seperti hidangan ikan goreng biasa, namun ada yang kontroversial dalam hidangan ini. Setengah bagian ikan, khususnya bagian badannya digoreng sampai kering dan dibumbui dengan saus.

Namun setengah bagian ikan lainnya yaitu di bagian kepala ternyata masih mentah dan dibiarkan hidup setengah bagiannya. Setengah tubuhnya yang dibiarkan mentah masih hidup dan mulutnya bisa bergerak-gerak sepert saat masih hidup.

Para koki di restoran yang memasak hidangan tersebut memasak ikannya dengan memegang bagian kepala ikan dengan handuk dan menutupinya. Kemudian mereka menggoreng bagian tubuh bawahnya dalam minyak panas sampai matang.

Setelah setengah matang, ikan yang setengah hidup ini disiram dengan saus asam manis dan disajikan dalam keadaan mulut ikan yang masih bergerak-gerak.

Hidangan ini sangat populer selama tiga dekade yang lalu di Taoyuan County Taiwan - surat kabar menyatakan, ketika restoran daerah mencari pelanggan dengan menggembar-gemborkan kesegaran terbaik dari bahan-bahan mereka. Namun, sebagian besar koki pada tahun 2011 tampaknya menghindari praktik memakan makhluk tersebut saat masih hidup, mungkin karena kemarahan luar biasa dari kelompok pembela hak hewan.

Sejak saat itu, makanan kontroversial ini mulai menindak praktik menyiapkan ikan ying yang, atau yin yang yu, pada abad ke-21, khususnya di Taiwan.

(chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK