7 Cara Mengatasi Kembung Jelang Haid

tim, CNN Indonesia | Selasa, 18/05/2021 16:05 WIB
Salah satu gejala PMS yang sepele tetapi membuat hari-hari jadi tak menyenangkan adalah perut kembung. Berikut beberapa cara untuk mengatasi perut kembung. Ilustrasi. Salah satu gejala PMS yang sepele tetapi membuat hari-hari jadi tak menyenangkan adalah perut kembung. (iStockphoto/Chinnapong)
Jakarta, CNN Indonesia --

Satu dua minggu sebelum haid, biasanya perempuan mengalami gejala-gejala pre-menstrual syndrome atau PMS. Salah satu gejala PMS yang sepele tetapi membuat hari-hari jadi tak menyenangkan adalah perut kembung.

Mengapa perut bisa kembung jelang haid?

Sebagaimana dilansir Medical News Today, kembung bisa disebabkan perubahan kadar hormon progesteron dan estrogen. Sekitar seminggu sebelum haid, kadar hormon progesteron menurun drastis. Penurunan kadar hormon ini mengakibatkan lapisan dinding rahim luruh dan keluar sebagai darah haid.


Kondisi ini tentu membuat perut kembung dan timbul rasa tidak nyaman. Belum lagi ditambah gejala PMS lain seperti kram, kelelahan, sakit kepala, payudara sakit juga timbul jerawat di area dagu.

Oleh karenanya, Anda bisa mengikuti beberapa cara untuk mengatasi perut kembung berikut.

1. Konsumsi pisang

Isabel Smith, ahli diet dan kebugaran yang berbasis di New York, menyarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalium seperti pisang, melon, tomat, dan asparagus untuk membantu meningkatkan keseimbangan cairan.

"Hal yang sama berlaku untuk lemak sehat seperti chia, kacang-kacangan dan salmon," kata Smith, seperti dikutip Women's Health Magazine.

2. Perbanyak minum air putih

Pastikan Anda banyak minum air putih demi menjaga keseimbangan cairan tubuh sekaligus menjaga fungsi ginjal. Dalam kasus PMS, banyak asupan cairan akan meredakan kembung.

Asupan air akan memicu buang air kecil sehingga membuat perut lebih nyaman. Selain minum air putih, beberapa jenis makanan juga ada yang bisa bertindak sebagai agen diuretik seperti, nanas, ketimun, asparagus, jahe, dan bawang putih.

3. Tetap berolahraga

Harus diakui olahraga jadi hal paling malas untuk dilakukan berkat gejala PMS. Namun para ahli menyarankan menaikkan detak jantung jadi salah satu cara untuk meringankan gejala PMS termasuk kembung. Olahraga pun akan membantu menyehatkan pencernaan dan mencegah konstipasi.

"Orang yang menganut hidup sedenter cenderung memiliki sistem pencernaan loyo," kata Sherry Ross, spesialis obstetri dan ginekologi.

4. Hindari kafein dan alkohol

Menurut Diana Bitner, obgyn yang berbasis di Michigan, alkohol bisa meningkatkan gejala PMS seperti sensasi bengkak di payudara, perubahan mood dan kembung. Begitu pula dengan kopi sehingga sebaiknya hindari kedua jenis minuman ini.

"Kopi bisa terlalu menstimulasi saluran cerna dan mengiritasi perut, membuat Anda dehidrasi yang mana membuat tubuh makin banyak menahan air," jelasnya.

5. Hindari makanan tinggi garam

Kandungan sodium pada garam bisa meningkatkan retensi tubuh terhadap cairan. Tubuh makin mudah menahan cairan sehingga membuat kembung makin parah. Sebaiknya hindari atau batasi konsumsi garam hingga 1.500 miligram per hari. Kemudian hindari makanan yang diproses yang cenderung tinggi garam. Sebaliknya pilih menu makanan yang lebih segar.

6. Konsumsi karbohidrat kompleks

Karbohidrat sederhana atau olahan seperti tepung putih dan gula tambahan membuat kadar gula darah tinggi. Kenaikan kadar gula darah akan menaikkan kadar insulin sehingga ginjal menahan lebih banyak garam.

Anda lebih disarankan untuk mengganti karbohidrat olahan dengan karbohidrat kompleks seperti pasta gandum, beras merah, roti biji-bijian, nasi putih diganti dengan kentang.

7. Tidur

Kadang cukup dengan tidur, segala macam gejala PMS bisa mereda termasuk kembung. Pastikan Anda cukup tidur sehingga kelebihan cairan di perut bisa kembali terserap tubuh dan tereliminasi. Setidaknya sediakan waktu selama 8 jam untuk tidur.

(els/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK