5 Olahan Nasi Kering dari Berbagai Belahan Dunia

tim, CNN Indonesia | Senin, 10/05/2021 08:19 WIB
Di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, nasi kering dapat diolah menjadi ragam panganan. Berikut olahan nasi kering di berbagai belahan dunia. Nurungji, olahan nasi kering khas Korea. (iStockphoto/bong hyunjung)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebagian orang mungkin bakal membuang nasi kering atau kerak nasi yang menempel pada bagian dalam panci atau rice cooker. Karena dianggap sebagai nasi kering, kerak nasi juga tak nikmat sehingga sering dibuang begitu saja.

Jika Anda salah satunya, sebaiknya hentikan kebiasaan membuang nasi kering pada penanak nasi Anda. Nasi kering yang diolah dengan benar bisa jadi camilan nikmat yang mengenyangkan.

Anda juga mesti tahu, ternyata banyak masyarakat di belahan dunia lainnya yang juga mengolah nasi kering. Lima negara di bawah ini punya cara untuk mengolah nasi kering supaya bisa tetap jadi sajian nikmat.


Selain dapat menghemat biaya jajan camilan, mengolah kembali nasi gosong juga bisa membantu mengurangi limbah makanan yang tak bisa diperbarui.

Berikut lima olahan makanan dari nasi kering, dirangkum dari berbagai sumber.

Kerupuk Gendar

Traditional Indonesian food, gendar crackers. crackers made from spiced rice dough and flavor enhancer. Very crispy and savory taste. Served on white plate. Isolated on white background.Kerupuk gendar, olahan nasi kering khas Indonesia. (iStockphoto/Albert Kho)

Masyrarakat Jawa mungkin sudah tak asing dengan kerupuk gendar. Kerupuk gendar dibuat dari nasi buangan. Bisa dari nasi yang tak habis, nasi gagal yang terlalu encer, atau nasi gosong.

Asalkan nasi kering Anda warnanya masih kuning atau kecoklatan, Anda bisa mengolahnya menjadi kerupuk gendar.

Cara membuatnya pun mudah, pertama cuci bersih nasi gosong Anda. Kemudian berikan bumbu seperti garam, bawang putih, bawang merah, ketumbar, atau terasi pada nasi yang sudah dicuci bersih.

Kukus nasi gosong Anda setelah dibumbui, lalu angkat, tumbuk jika terlalu keras. Jika sudah, bentuk adonan kerupuk gendar tersebut sesuai selera.

Setelahnya jemur di bawah sinar matahari hingga kering, dan goreng dengan minyak panas. Kerupuk gendar siap Anda nikmati.

Guoba

GuobaGuoba, olahan nasi kering khas China. (iStockphoto/zevei-wenhui)

Anda mungkin sulit percaya bahwa nasi kering bisa dimakan sama persis seperti nasi umumnya. Jika demikian, Anda harus mencoba olahan nasi kering khas Negeri Tirai Bambu satu ini, guoba.

Orang Cina biasanya mengolah nasi kering menjadi guoba. Nasi yang gosong disimpan di lemari es semalaman, lalu potong menjadi beberapa irisan.

Setelah dipotong, panggang nasi tersebut hingga benar-benar kering. Anda bisa langsung menggorengnya dan menambahkan sup manis pedas.

Guoba juga bisa Anda sajikan dengan seafood, sup daging, atau sayuran.

Nurungji

crust of overcooked rice, korean traditional foodNurungji, olahan nasi kering khas Korea. (iStockphoto/bong hyunjung)

Warga Korea juga punya cara mengolah nasi gosong agar tak terbuang. Mereka membuatnya menjadi nurungji.

Membuatnya pun mudah, panaskan minyak di atas wajan, letakkan nasi sisa, dan pipihkan. Bentuknya mirip rengginang khas Indonesia dan teksturnya garing.

Nurungji biasa disajikan dengan saus tomat, irisan daging, sayuran, atau keju. Anda tinggal kreasikan agar rasanya jadi lebih nikmat.

Tahdig

tahdig, persian rice, iranian foodTahdig, olahan nasi kering khas Persia. (iStockphoto/bonchan)

Tahdig adalah makanan asal Persia yang berasal dari nasi gosong. Nasi yang gosong direbus setengah matang selama lima menit, dicampur dengan yogurt dan kunyit.

Setelahnya nasi disajikan di piring bersama buah kering seperti ceri atau kacang pistachio.

Khao Taen

Khao Taen Lanna style thai cookiesKhao Taen, olahan nasi kering khas Thailand. (iStockphoto/1879206)

Di Thailand, nasi setengah gosong bisa diolah kembali menjadi kue manis bernama khao taen. Beberapa daerah Thailand menyebut nang led.

Sebagaimana dilansir Shesimmers, nasi yang setengah kering dibentuk bulat-bulat dan dipanggang hingga kering menggunakan oven. Kemudian diberi gula tebu cair, atau gula merah cair sesuai selera. Anda juga menggunakan madu untuk rasa manis legit.

(mel/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK