4 Makanan Buatan Sendiri yang Bisa Jadi Ide Hamper Lebaran

tim, CNN Indonesia | Senin, 10/05/2021 21:00 WIB
Saat tak bisa mudik atau menjamu teman dan kerabat saat Lebaran, saatnya mengirimkan hampers Lebaran berisi makanan buatan Anda sendiri. Berikut beberapa idenya (iStockphoto/larik_malasha)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hamper berisi barang-barang ciamik seperti gelas dan piring, mukena dan sajadah, atau hamper kekinian berisi aromaterapi rasanya sudah sangat umum. Jika ingin yang berbeda, Anda mungkin harus coba hamper isi makanan buatan sendiri (DIY).

Lebaran sudah di depan mata, di waktu yang mepet ini rasanya berkeliling toko hanya akan membuang waktu. Daripada bingung keliling toko mencari hamper, Anda lebih baik membuatnya sendiri. Isian hamper berisi makanan buatan sendiri juga bisa lebih berkesan ketimbang hamper yang Anda beli di toko.

Berikut beberapa ide hamper isi makanan yang cocok untuk diberikan saat lebaran.


Milky bread ala Jepang

Rasanya cocok mengirimkan hamper Lebaran berisi roti, terlebih ini roti spesial, milky bread yang fluffy ala Jepang.

Resep roti ini juga bisa disebut anti gagal karena mudah dibuat. Cita rasanya manis nan empuk juga pasti mungkin jadi favorit keponakan di rumah. Berikut resep milky bread ala Jepang.

Bahan:
-20 gram tepung terigu
-100 gram air
-285 gram tepung terigu tinggi protein
-3 gram ragi instan
-40 gram gula halus
-3 gram garam
-185 gram susu bubuk
-30 gram unsalted butter
-Tepung terigu secukupnya untuk taburan loyang sebelum masuk oven

Cara membuat:
-Tahap pertama, masak bahan tangzhong terlebih dulu dengan api kecil sampai matang lalu dinginkan.
-Campurkan bahan kering terlebih dulu secara merata dengan whisk, lalu masukan adonan biang atau tangzhong.
-Lanjut masukkan ragi ke dalam susu cair dan campurkan dengan adonan kering tadi hingga rata. Uleni adonan sampai kalis, kurang lebih 10 menit.
-Kemudian tambahkan unsalted butter saat menguleni adonan, dan pada tahap ini diperbolehkan memberi pewarna makanan sesuai selera, tapi sebaiknya sedikit saja.
-Setelah itu bentuk adonan menjadi bulat dan simpan dalam wadah, lalu tutup dengan kain bersih atau plastik. Biarkan sekitar 30-40 menit sampai mengembang 2 kali lipat.
-Jika sudah mengembang, tekan-tekan adonan dan bagi menjadi 16 bagian, lanjut dibentuk menjadi bulat-bulat. Simpan adonan dalam loyang yang sudah diberi tepung, Anda bisa tambahkan isian seperti keju atau coklat
-Tutup kembali adonan dan simpan sekitar 30-40 menit hingga membesar dua kali lipat.
-Panaskan oven dengan suhu 180 derajat, kemudian adonan yang sudah mengembang ditaburi tepung memakai saringan, selanjutnya taburi topping tambahan.
-Apabila oven sudah panas, perlahan turunkan suhunya menjadi 150 derajat atau bisa disesuaikan dengan jenis oven masing-masing.
-Masukkan loyang adonan ke dalam oven dan panggang roti sekitar 17-20 menit.
-Saat sudah matang, langsung keluarkan loyang adonan dari oven lalu dinginkan sebentar dan siap disajikan.

Urap campur khas Bali

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK