Cecil Lockhart, Pendonor Organ Tertua di AS

tim, CNN Indonesia | Kamis, 13/05/2021 18:00 WIB
Cecil Lockhart dari Welch, Virginia Barat menjadi seorang pendonor organ tertua dalam sejarah Amerika Serikat. Cecil Lockhart dari Welch, Virginia Barat menjadi seorang pendonor organ tertua dalam sejarah Amerika Serikat. (iStockphoto/baranozdemir)
Jakarta, CNN Indonesia --

Cecil Lockhart dari Welch, Virginia Barat menjadi seorang pendonor organ tertua dalam sejarah Amerika Serikat. Hal ini diungkapkan oleh Center for Organ Recovery & Education (CORE) yang mengoordinasikan donor hati tersebut.

Rekor sebelumnya untuk donor tertua adalah 93 tahun, menurut United Network for Organ Sharing.

Lockhart meninggal dalam usia 95 tahun pada 4 Mei 2021 lalu. Dia mendonorkan hatinya kepada seorang wanita yang membutuhkannya.


"CORE sangat bangga telah dapat membuat donasi organ bersejarah ini menjadi mungkin," kata Presiden & CEO CORE Susan Stuart, dalam rilis persnya.

Keluarga Lockhart mengatakan dia ingin menjadi donor organ setelah putranya, Stanley, menyembuhkan 75 orang melalui donasi jaringan dan memulihkan penglihatan dua orang lainnya melalui donasi kornea setelah dia meninggal pada tahun 2010.

"Ketika saudara laki-laki saya menjadi donor setelah dia meninggal beberapa tahun yang lalu, itu membantu ayah saya untuk sembuh," kata Sharon White, putri Lockhart. "Hari ini, mengetahui hidupnya terus berlanjut melalui orang lain benar-benar membantu kita melalui kesedihan kita juga."

Menantu Lockhart, Bill Davis, mengatakan kepada CNN bahwa Lockhart adalah individu yang senang memberi sepanjang hidupnya. Dia menjabat sebagai kopral di Angkatan Darat AS selama Perang Dunia II dan merupakan penambang batu bara selama lebih dari 50 tahun.

"Apa pun yang bisa dia lakukan untuk membantu orang lain dia lakukan. Dan ini hanyalah cara dia terus membantu orang setelah waktunya di dunia selesai," kata Davis.

"Jika kita semua bisa seperti itu, saya pikir dunia akan menjadi tempat yang sedikit lebih baik bagi kita untuk ditinggali."

Di pemakaman Lockhart, keluarganya meminta semua orang untuk mendaftar sebagai donor organ. Davis mengatakan beberapa orang menunjukkan kepadanya bahwa mereka akan menjawab panggilan itu, terinspirasi oleh kemampuan Lockhart untuk menyelamatkan nyawa orang lain di usia 95 tahun dan bahkan di akhir hidupnya.

Donor organ dan usia
banyak orang percaya ada batasan usia terkait dengan menjadi donor organ, kepala petugas medis UNOS David Klassen mengatakan tidak ada yang terlalu tua atau terlalu muda untuk menjadi donor.

"Setiap calon donor dievaluasi berdasarkan kasus per kasus pada saat kematian mereka untuk menentukan organ dan jaringan mana yang cocok untuk disumbangkan," kata Klassen.

"Hadiah Cecil yang murah hati dan bersejarah adalah contoh sempurna dari itu."

Satu donor dapat menyelamatkan hingga delapan nyawa dengan mendonasikan satu jantung, dua paru-paru, satu hati, pankreas, dua ginjal, dan usus. Pada Februari, lebih dari 107 ribu orang menunggu transplantasi organ yang menyelamatkan nyawa di AS dan 17 orang meninggal setiap hari menunggu transplantasi, menurut organdonor.gov.

Seorang juru bicara CORE mengatakan kepada CNN bahwa meskipun Lockhart tidak terdaftar sebagai donor organ, dia dapat menyumbangkan hatinya karena dia telah mendiskusikan keinginannya dengan keluarganya.

(chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK