Tempat Wisata di Yogyakarta Murah Meriah dan Wajib Dikunjungi

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 24/06/2021 16:00 WIB
Kota Gudeg selalu menjadi destinasi favorit lantaran nyaman dan biaya liburan yang murah. Berikut rekomendasi tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi. Kota Gudeg selalu menjadi destinasi favorit lantaran nyaman dan biaya liburan yang murah. Berikut rekomendasi tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi. (Foto: Kemenparekraf)
Jakarta, CNN Indonesia --

Yogyakarta selalu menjadi destinasi favorit wisatawan, baik dalam maupun luar negeri. Kawasannya yang terkenal tenteram serta biaya liburan yang murah meriah, membuat pengunjung betah berlama-lama di sana.

Selain itu, terdapat banyak tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi dan menarik, sehingga Anda bebas mengeksplorasi Kota Gudeg ini tanpa khawatir budget liburan membengkak. Berikut rekomendasinya untuk Anda.

1. Malioboro


Sejumlah warga bersepeda di kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta, DI Yogyakarta, Senin (8/6/2020). Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan HB X menginstruksikan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk menertibkan masyarakat yang kembali  beraktivitas di kawasan Titik Nol Kilometer dan Malioboro tanpa mematuhi protokol pencegahan penularan COVID-19 seperti menjaga jarak dan memakai masker. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/hp.Malioboro adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi. (Foto: ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Ke Yogyakarta rasanya kurang lengkap apabila tidak menyusuri sepanjang kawasan Malioboro. Di lokasi ini Anda bisa menemui aneka pusat perbelanjaan hingga tempat kuliner.

Area Malioboro terhubung ke berbagai akses seperti Alun-alun, Keraton Jogja, museum dan banyak lagi. Bagi yang malas berjalan kaki, bisa menggunakan becak sepeda atau motor.

2. Candi Borobudur

Bigest monument of Buddhist architecture Java IndonesiaCandi Borobudur adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi. ( Foto: iStockphoto/LP7)

Candi Borobudur merupakan salah satu kuil terbesar dunia yang sudah ditetapkan menjadi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO dan berlokasi di Magelang, Jawa Tengah.

Candi Borobudur sering dijadikan tujuan wisata edukasi. Biaya masuknya mulai dari Rp25 ribu sampai Rp75 ribu. Di sana terdapat panel relief dan arca Buddha yang menghiasi candi.

3. Candi Prambanan

The largest Hindu temple of ancient Java, and the first building was completed in the mid-9th century. The temple compound, a UNESCO World Heritage Site, is the largest Hindu temple site in Indonesia, and one of the biggest in Southeast Asia.Candi Hindu terbesar di Indonesia ini adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi. ( Foto: iStockphoto/Valens Hascaryo)

Masih dengan tempat wisata edukasi, Anda juga bisa menyambangi komplek Candi Prambanan atau candi bercorak Hindu terbesar di Indonesia yang berlokasi di Sleman.

Kawasan Candi Prambanan mudah dijangkau dari jalur utama Yogyakarta-Solo. Masuk ke area candi dikenakan biaya sebesar Rp 50 ribu bagi dewasa dan Rp25 ribu untuk anak-anak.

4. Tebing Breksi

Tebing Batu Breksi di Yogyakarta, Indonesia.Tebing Batu Breksi adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi. (Foto: Detikcom/Bagus Kurniawan)

Tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi berikutnya yaitu Tebing Breksi di Sleman. Lokasi ini termasuk kawasan favorit turis lokal dan mancanegara.

Selain menawarkan jalur jelajah tebing berbatu, pengunjung juga bisa menikmati pertunjukan hingga off road. Untuk masuk ke kawasan ini masih gratis dan hanya membayar parkir saja.

5. Taman Sari

Pengunjung menikmati wisata Istana Air Taman Sari, DI Yogyakarta, Sabtu (2/1),  Saat libur panjang tahun baru 2016 pengunjung di tempat wisata sejarah dan arsitektur itu mengalami peningkatan sekitar empat kali lipat dibanding hari biasa dari rata-rata 1.000 pengunjung menjadi 4.000 pengunjung dalam satu hari. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/pd/16.Wisata istana air Taman Sari adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi. (Foto: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Taman Sari Keraton Yogyakarta menjadi salah satu destinasi terkenal dan banyak dikunjungi turis lokal maupun mancanegara, karena memiliki bangunan unik perpaduan Jawa-Portugis.

Harga tiket masuknya mulai dari Rp5 ribu-Rp12 ribu. Meski bangunan tua dan menyimpan sejarah tersendiri, Taman Sari cukup menarik minat anak muda untuk berkunjung.

6. Gumuk Pasir

Wisatawan bermain sandboarding (papan seluncur) di Gumuk Pasir Barchan, Parangkusumo, Bantul, DI Yogyakarta, Selasa (12/7). Dengan menyewa papan seluncur seharga Rp.75.000 hingga Rp.100 ribu, wisatawan dapat belajar bermain Gumuk Pasir adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi. (Foto: ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Ingin menikmati sandboarding seperti di Timur Tengah? Silakan kunjungi Pantai Gumuk Pasir yang berlokasi di daerah Bantul.

Selain menikmati lanskap pantai pasir, Anda juga bisa offroad dengan sensasi tantangan tersendiri di hamparan pasir. Biaya masuk ke Gumuk Pasir ini cukup murah hanya Rp10 ribu.

7. Hutan Pinus Pengger

Wisatawan mengunjungi obyek wisata kawasan Hutan Pinus Mangunan di Bantul, DI Yogyakarta, Rabu (22/7/2020). Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar gerakan Bersih, Indah, Sehat dan Aman (Bisa) secara serentak di 13 destinasi wisata seluruh DI Yogyakarta dengan memberdayakan 600 pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak ekonominya selama pandemi COVID-19 agar dapat beradaptasi menuju tatanan kehidupan baru di sektor pariwisata, salah satunya kawasan hutan Pinus Mangunan. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/foc..Hutan Pinus di Bantul ini adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi. (Foto: ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Masih di kawasan Bantul, Anda bisa sekalian mampir ke Hutan Pinus Pengger yang menawarkan pesona alam dari ketinggian serta mempunyai banyak spot foto menarik.

Tidak hanya menjelajah hutan pinus, pengunjung juga dapat menyusuri jembatan dengan suasana alam sesungguhnya. Tiket masuknya sangat terjangkau yaitu Rp5 ribu.

8. Bukit Bintang

[Gambas:Instagram]

Bukit Bintang atau Bukit Hargodumilah, merupakan kawasan dataran tinggi yang terletak di daerah Gunung Kidul.

Kawasan Bukit Bintang menawarkan suasana romantis seperti melihat hamparan bintang jatuh dari kilauan lampu di atas ketinggian. Menghabiskan malam di Bukit Bintang ini gratis.

9. Blue Lagoon

[Gambas:Instagram]

Berwisata air di Yogyakarta dapat Anda temui di Pemandian Tirta Budi alias Blue Lagoon, karena memiliki air yang biru jernih seperti oase padang pasir.

Daya tarik ke Blue Lagoon ini karena pengunjung bisa merasakan mandi sambil dihampiri pasukan ikan-ikan kecil. Sedangkan harga tiketnya yaitu Rp10 ribu.


10. Pantai Parangtritis

Wisatawan menikmati matahari terbenam di Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta, Kamis (9/4). Pantai Parantritis merupakan salah satu destinasi wisata pantai andalan Kota Yogyakarta. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/ed/Spt/15.Pantai Parangtritis adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi. (Foto: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Ingin bermain air ditempat yang lebih luas? Pantai Parangtritis adalah tempatnya dan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi.

Di Pantai Parangtritis, pengunjung dapat menikmati ombak besar dengan gunungan pasir yang menciptakan sensasi keseruan tersendiri. Masuk ke kawasan ini dikenai biaya Rp10 ribu.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK