7 Tanaman Hias Hidroponik Agar Bebas Kotor Tanah

tim, CNN Indonesia | Kamis, 27/05/2021 16:34 WIB
Tanaman hias tak cuma bisa ditanam di tanah. Sama seperti yang lainnya, tanaman hias juga bisa ditanam secara hidroponik. Tanaman hias tak cuma bisa ditanam di tanah. Sama seperti yang lainnya, tanaman hias juga bisa ditanam secara hidroponik. (iStockphoto/solarisimages)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tanaman hias tak cuma bisa ditanam di tanah. Sama seperti yang lainnya, tanaman hias juga bisa ditanam secara hidroponik.

Sesuai namanya, tanaman hidroponik tidak menggunakan media tanah untuk tumbuh. Tanaman hidroponik mendapatkan unsur hara dari air. Menanam dengan cara hidroponik juga pilihan tepat jika Anda hanya punya sedikit lahan untuk berkebun.

Akan tetapi, yang harus diingat adalah tak semua tanaman hias bisa tumbuh baik secara hidroponik. Sebaiknya Anda mencari tahu lebih dulu jenis tumbuhan apa yang cocok dikembangkan secara hidroponik.


Berikut beberapa tanaman hias hidroponik yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Tillandsia

Tillandsia atau lebih dikenal dengan nama Air Plants adalah tanaman yang bisa tumbuh di udara. Ada lebih dari 500 jenis varietas Tillandsia dengan keragaman daun dan bunga berbagai warna.

Melansir The Spruce, tanaman hias ini tak membutuhkan tanah untuk mendapat nutrisi, melainkan mengekstraksi kelembapan udara. Tillandsia cocok di iklim hangat dengan cahaya matahari cukup.

Meski lebih dikenal dengan tanaman udara, tillandsia juga bisa tumbuh secara hidroponik. Tak perlu banyak air untuk menjaganya tetap tumbuh, cukup sediakan pot kecil berisi air bersih, dan ganti secara berkala.

2. Lumut Spanyol

Lumut Spanyol sebenarnya salah satu varietas dari Tillandsia, hanya saja dia bersulur-sulut terkulai dan kehijauan.

Tanaman ini biasanya tumbuh di pohon, menyerap air dan nutrisi dari atmosfer. Perawatan yang tepat bisa membuatnya tumbuh secara hidroponik di rumah. Cukup ganti airnya dua kali seminggu dan beri pupuk fosfor tinggi setiap dua minggu.

3. Bunga Bakung Putih

Jika Anda ingin tanaman hias yang berbunga, Paperwhites atau Bunga Bakung Putih bisa jadi pilihannya.

White Flower Farm mengatakan perawatan Bunga Bakung Putih lebih mudah dibanding varietas bakung lainnya. Hanya dibutuhkan pot, kerikil, dan air untuk tumbuh. Pastikan akar bunga bakung terendam air dan berada di antara bebatuan. Namun air yang ada dalam vas tidak menyentuh hingga batang karena bisa membuatnya busuk.

Jika ditanam secara hidroponik ganti bantu dan air secara berkala.

Tanaman Hias Hidroponik

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK