Pertimbangan Sebelum Wisata Vaksin di Luar Negeri

CNN Indonesia | Jumat, 04/06/2021 11:53 WIB
Perlu pertimbangan matang sebelum melancong ke luar negeri untuk wisata vaksin. Ilustrasi vaksin. (iStockphoto/Roop_Dey)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setelah ramai berita mengenai wisata vaksin di Amerika Serikat yang ditawarkan dari Thailand dan negara-negara Amerika Latin, saat ini semakin banyak agen perjalanan di Indonesia yang menawarkan paket wisata serupa.

Harga yang ditawarkan beragam, tergantung jenis vaksin yang diinginkan: Johnson & Johnson atau Pfizer, karena berbeda vaksin maka berbeda pula durasi perjalanannya.

Paket wisata vaksin Johnson & Johnson berdurasi sekitar sepuluh hari, karena cuma membutuhkan satu kali suntikan. Sementara paket wisata Pfizer berdurasi lebih lama, bisa sekitar 25 hari, karena membutuhkan dua kali suntikan dengan jeda yang dianjurkan 21 hari.


Destinasi yang didatangi untuk wisata vaksin juga beragam, mulai dari Los Angeles, New York, sampai Las Vegas. Faktor kota tujuan ikut mempengaruhi harga paketnya.

Paket wisata vaksin bisa dengan mudah ditemukan di akun agen wisata yang berpromosi di Instagram sampai situs e-commerce.

Di situs e-commerce Blibli misalnya, terpantau pada Jumat (4/6) terlihat iklan dari akun Indonesia Journey yang menawarkan paket vaksin Johnson & Johnson dan Pfizer yang dihargai mulai dari Rp3,4 juta per orang hingga Rp27,9 juta per orang.

Untuk paket wisata Johnson & Johnson, calon wisatawan akan melalui enam hari perjalanan dengan sesi vaksin di hari ke-tiga. Selebihnya calon wisatawan bisa istirahat dan pelesir sebelum kembali ke Indonesia.

Sementara untuk paket wisata Pfizer, calon wisatawan akan melalui 25 hari perjalanan dengan sesi vaksin di hari ke-dua dan ke-23. Sama seperti paket vaksin Johnson & Johnson, selebihnya calon wisatawan bisa istirahat dan pelesir di antaranya.

Berbeda dengan akun Indonesia Journey yang tidak menyertakan tiket pesawat, paket wisata vaksin yang ditawarkan akun ATS Vacations di Instagram terasa lebih lengkap, dengan tiket pesawat yang sudah termasuk biaya. Bahkan ada tur ke supermarket grosir Costco Wholesale.

Tentu saja harganya lebih mahal, sekitar Rp29 juta per orang untuk paket wisata vaksin Johnson & Johnson. Durasi perjalanannya kurang lebih sama. Jika ingin vaksin Pfizer, mereka juga menawarkannya.

Artikel ini masih berlanjut ke halaman berikutnya...

Pertimbangan Sebelum Wisata Vaksin di Luar Negeri

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK