Tips Aman Membawa Barang Elektronik dalam Pesawat

CNN Indonesia | Rabu, 14/04/2021 14:50 WIB
Berikut sejumlah tips aman membawa benda elektronik dalam penerbangan. Ilustrasi. (Istockphoto/ SeventyFour)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aturan menonaktifkan barang elektronik wajib dipatuhi setiap penumpang pesawat, karena kondisi dan ketahanan baterai serta tekanan udara di dalam pesawat bisa berbahaya.

Jadi, saat pesawat terbang, selama pesawat berada di udara, dan hingga setelah pesawat kembali mendarat, sebaiknya tahan diri untuk mengaktifkan barang elektronik.

Selain handphone, kasus ledakan di pesawat akibat barang elektronik mungkin juga bisa terjadi pada benda-benda berbaterai yang populer dibawa penumpang, seperti headset bluetooth, powerbank, sampai rokok elektrik.


Karena aturan membawa barang elektronik bakal berbeda di setiap bandara atau negara, ada baiknya untuk menghubungi pihak maskapai penerbangan mengenai aturan membawa benda yang dimaksud.

Berikut sejumlah tips aman membawa benda elektronik dalam penerbangan:

1. Handphone atau tablet

Kru penerbangan memang menyarankan penumpang untuk menonaktifkan barang elektronik selama penerbangan. Tapi jika ingin tetap menonton film atau mendengarkan musik dari telepon genggam atau tablet, Anda bisa menggunakan fitur Airplane Mode.

Namun penggunaan fitur Airplane Mode ini tak bisa sembarangan, karena kadang hanya boleh dilakukan setelah pesawat telah stabil di udara, bukan pada saat take off dan landing.

Sama seperti membuka kaca dan menegakkan sandaran kursi, aturan dimaksudkan agar penumpang bisa mawas diri terhadap gangguan penerbangan yang umumnya terjadi dalam dua momen tersebut.

2. Headset bluetooth

Saat ini banyak alat pendengar musik yang sudah dibuat tanpa kabel dengan teknologi bluetooth berdaya baterai.

Kalau ingin tetap mendengarkan musik selama penerbangan, sebaiknya bawa headset kabel yang bisa digunakan tanpa perlu mengaktifkan mode bluetooth.

Lagipula, Anda hanya akan berada di tempat duduk sehingga tak perlu kerepotan dalam mengurai kabelnya.

Pilihlah headset dengan kabel yang juga bisa meminimalisir suara (noise cancelling), sehingga tidur bisa jadi lebih nyenyak.

Tips Aman Membawa Barang Elektronik dalam Pesawat

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK