HARI LAUT SEDUNIA

Tema hingga Cara Donasi untuk Hari Laut Sedunia 2021

CNN Indonesia | Selasa, 08/06/2021 10:25 WIB
Ada banyak cara untuk menjaga lautan, mulai dari menghemat penggunaan plastik sampai berdonasi. Pemandangan terumbu karang di Laut Merah. (REUTERS/LUCAS JACKSON)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selamat merayakan Hari Laut Sedunia! Hari Laut Sedunia dirayakan setiap 8 Juni. Ajakan untuk mencintai lautan selalu menjadi tema besarnya, karena laut nyatanya memberikan kehidupan baik untuk makhluk penghuni daratan hingga penghuni lautan itu sendiri.

Ada banyak cara untuk mencintai lautan, mulai dari gratis seperti membantu memungut sampah di pantai sampai menggunakan tabir surya ramah terumbu karang, sampai yang berbayar seperti memberikan donasi untuk komunitas yang melakukan kegiatan konservasi lautan dan isinya.

Tema tahun ini

Sejak Hari Laut Sedunia dinyatakan sebagai hari resmi pada tahun 2008, PBB telah menyelenggarakan acara Hari Laut Sedunia (UNWOD) dengan tema yang berbeda setiap tahunnya.


Karena dunia masih mengalami pandemi virus Corona, acara tahun ini akan digelar secara virtual dan terbuka untuk umum, dengan tema 'The Ocean: Life and Livelihoods'.

Penyelenggaraan acara ini menggandeng organisasi nirlaba Oceanic Global.

Anda dapat melihat panel dan presentasi dari berbagai pemimpin di bidang lingkungan, termasuk: Sylvia Earle, Gael Garcia Bernal, Jean-Michel Cousteau, dan Céline Semaan, serta penampilan dari berbagai bakat musik seperti Angelique Kidjo, Bomba Estereo, Valerie Juni, dan banyak lagi.

Jika Anda tertarik untuk bergabung, pastikan untuk mendaftar melalui tautan ini.

Donasi

Jika Anda memiliki dana, menyumbang adalah cara yang bagus untuk mendukung konservasi laut.

Ocean Conservacy adalah kelompok advokasi yang konsisten dengan 'International Coastal Cleanup Program' tahunannya.

Mereka bekerja untuk melindungi habitat laut yang terancam punah, mempromosikan penangkapan ikan yang berkelanjutan, dan berupaya mengurangi dampak manusia terhadap kehidupan laut.

Demikian pula, Oceana berkomitmen untuk menyelamatkan dan memulihkan lautan melalui perubahan kebijakan, dengan kampanye yang ditargetkan terhadap industri perikanan, minyak, dan akuakultur.

Ada juga Sea Shephard Conservation Society, yang rutin menyelidiki dan mendokumentasikan masalah kerusakan lautan - yang mungkin belum diangkat oleh media massa.

Kemudian Coral Reef Alliance secara khusus merawat ekosistem paling terancam di dunia, terumbu karang, dengan menerapkan program mendalam yang melindungi terumbu karang di seluruh dunia.

Lalu ada Project Zero yang fokus dengan literasi mengenai konservasi lautan, dan telah mengumpulkan dukungan dari selebriti dunia.

Cara lain untuk membantu

Salah satu cara mudah untuk berkontribusi pada konservasi lautan adalah dengan bergabung dalam aksi pembersihan pantai.

Sekecil apapun plastik sangat merusak kehidupan di lautan. Sampah plastik dalam waktu lama baru terurai menjadi mikroplastik yang lebih berbahaya. Itu sebabnya memastikan pantai bersih sangat penting.

Mengutip Green Matters, salah satu cara menjaga lingkungan dari sampah plastik ialah berbelanja barang bekas sebelum membeli sesuatu yang baru. Saat ini, juga ada banyak merek fesyen yang mendukung upaya pelestarian laut.

Infografis Berbuat Baik untuk Terumbu KarangFoto: CNN Indonesia/Laudy Gracivia
Infografis Berbuat Baik untuk Terumbu Karang

(ard/ard)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK