5 Cara Dapatkan Rambut Sempurna saat Bangun Tidur

tim, CNN Indonesia | Kamis, 17/06/2021 20:00 WIB
Bangun tidur dengan rambut sempurna tak seperti singa bisa terjadi dengan sejumlah cara sederhana, termasuk rutinitas perawatan rambut jelang tidur. Bangun tidur dengan rambut sempurna tak seperti singa bisa terjadi dengan sejumlah cara sederhana, termasuk rutinitas perawatan rambut jelang tidur. (iStockphoto/PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bangun dalam kondisi rambut indah mungkin hanya terjadi di film atau serial TV saja. Namun sebenarnya ini bisa saja terjadi di kehidupan nyata dengan sejumlah cara sederhana, termasuk rutinitas perawatan rambut jelang tidur.

Tak hanya wajah yang punya rutinitas perawatan, rambut pun demikian.

"Penting untuk merawat rambut seperti yang Anda lakukan pada kulit. Seperti sweater kasmir yang akan bersama kita untuk jangka waktu lama, jadi sebaiknya dirawat sepenuhnya," ujar Frank Barbosa, penata rambut IT&LY Hairfashion, seperti dikutip Health.


Rutinitas perawatan rambut di malam hari tidak akan seribet rutinitas perawatan muka. Cukup dengan cara-cara sederhana berikut, Anda bisa bangun dengan rambut sempurna.

1. Keramas

Woman washes her hair with shampoo in bathroom. Woman washing her hair with a lot of foam inside a shower. Back view of young woman washing her hair.Ilustrasi keramas. (iStockphoto/Igor Vershinsky)

Keramas di malam hari jadi kunci kesehatan helai rambut Anda. Keramas akan membersihkan polutan dan sisa bahan kimia akibat penataan rambut di pagi hari.

"Tumpukan kotoran dan bahan kimia bisa menjadi masalah jika kulit kepala tidak dibersihkan secara teratur. Keramas lebih sering akan mencegah perkembangan bakteri yang bisa mengganggu pertumbuhan rambut," jelas Michelle Blaisure, ahli kulit kepala, seperti dikutip Glam.

2. Minyak argan

Memberikan minyak pada rambut khususnya minyak argan, Anda akan mendapatkan rambut halus dan mudah diatur keesokan harinya. Penata rambut, Sara Meddick menyarankan untuk mengaplikasikan minyak argan pada rambut kering atau setengah basah sebelum tidur, lalu bungkus kepala dengan syal sutra semalaman.

"Sutra akan mencegah kerusakan, sementara minyak memperkuat rambut Anda. Bahan katun membuat rambut jadi ikal atau keriting, " kata Meddick.

Di samping itu, minyak akan memberikan perlindungan pada kutikula atau lapisan luar rambut. Kutikula yang terkikis membuat rambut makin rapuh saat tidur.

3. Sisir dengan lembut

Ilustrasi SisirIlustrasi sisir. (deborahmiller56/Pixabay)

Ritual menyisir rambut tidak hanya dilakukan sebelum bepergian. Sebelum tidur pun rambut perlu disisir dengan lembut. Menurut penata rambut Joshua Ristano, menyisir rambut sebelum tidur adalah cara terbaik untuk mendistribusikan minyak alami rambut dari kulit kepala ke seluruh bagian rambut.

"10-15 sapuan dengan sisir bergigi jarang sudah cukup," kata Ristano, seperti dikutip Stylecaster.

4. Ikat 'cepol' atau kepang

Mencegah kerusakan atau kerontokan rambut esok hari bisa dilakukan dengan mengikat rambut di atas kepala (cepol). Setelah keramas, rambut dikeringkan dengan handuk, lalu dalam kondisi lembap aplikasikan minyak argan.

Terakhir, ikat rambut tetapi tidak terlalu kencang. Ikatan ini menjaga rambut tidak banyak bergesekan selama Anda tidur, juga menjaga rambut tidak mengacaukan perawatan muka Anda.

Selain ikat cepol, Anda pun bisa mengepang rambut. Buat kepangan longgar dan ikat dengan tali rambut yang aman buat rambut. Jika memiliki rambut pendek, rambut cukup diselipkan di belakang telinga.

5. Pijat kulit kepala

Sebelum tidur, sediakan waktu untuk memberikan pijatan di area kulit kepala. Sebenarnya saat Anda menyisir, Anda pun memberikan stimulasi pada kulit kepala tetapi terlalu keras menyisir hingga kulit kepala bisa mengakibatkan kerusakan rambut.

"Stimulasi kulit kepala dengan jari-jemari sebelum tidur. Ini akan menggerakkan aliran darah ke kulit kepala, timbul pola pertumbuhan yang sehat, menyebarkan minyak pelembap alami ke seluruh rambut," jelasnya.

(els/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK