5 Kebiasaan yang Bikin Kantong Kering

tim, CNN Indonesia | Rabu, 09/06/2021 17:58 WIB
Berikut beberapa kebiasaan yang bikin 'kantong kering' dan sebaiknya Anda hindari. Ilustrasi. : Istockphoto / Deagreez
Jakarta, CNN Indonesia --

Menabung mungkin bukan hal mudah bagi sebagian orang. Alih-alih uang tersimpan untuk masa tua, rupiah justru mengalir entah kemana. Alhasil, dompet kerap 'sekarat' baik di tanggal tua maupun muda.

Setiap orang pasti pernah melakukan kebiasaan buruk, termasuk dalam mengelola keuangan. Namun ketika bicara masalah finansial, kebiasaan buruk bisa menimbulkan konsekuensi jangka panjang. Anda mungkin jadi tak bisa menikmati hidup, tak bisa menikmati masa tua, bahkan terlilit utang hingga senja.

Agar mimpi buruk di atas tak Anda jumpai, sebaiknya mulai bijak mengelola keuangan. Beberapa kebiasaan sepele mungkin berkontribusi pada pengeluaran Anda setiap bulannya.


Berikut beberapa kebiasaan yang bikin kantong kering dan sebaiknya Anda hindari.

1. Mencoba terlihat kaya

Fashion portrait of beautiful woman dancing in the city street in London. Autumn season.Ilustrasi. (iStockphoto/Izusek)

Orang-orang cenderung tidak ingin terlihat miskin. Kelompok jenis ini bakal melakukan berbagai cara untuk menaikkan gengsi di lingkungan pertemanannya.

Untuk menaikkan gengsi tersebut, maka diperlukan banyak rupiah yang dikeluarkan. Mulai dari pakaian bermerek, jam tangan mewah, tas tangan, ponsel keluaran terbaru, mobil baru, hingga agenda jalan-jalan keluar negeri.

Keinginan untuk terlihat kaya ini dapat berdampak buruk pada situasi keuangan. Anda mungkin bakal membeli sesuatu yang tidak terjangkau, dan mengajukan utang untuk itu.

Idealnya Anda menyadari ke mana uang pergi dan untuk apa. Dengan begitu, Anda bisa mengatur keuangan dengan lebih baik.

"Penting untuk memahami ke mana uang Anda pergi dan bagaimana Anda dapat mengelolanya dengan lebih baik," kata Andrea Woroch, penasihat keuangan Kinoli, seperti dikutip Fox Business.

Anda juga tak perlu mengejar gengsi. Hal tersebut akan percuma jika Anda tak punya uang di usia tua, bahkan terlilit utang. Memiliki masa depan terjamin akan membuat hidup lebih menyenangkan.

2. Merokok

Coba hitung berapa rupiah yang harus dikeluarkan setiap harinya untuk merokok. Satu bungkus rokok bisa dijual seharga Rp20 ribu-Rp35 ribu. Jika Anda membeli rokok seharga Rp20 ribu sehari, Anda menghabiskan uang Rp140 ribu seminggu, dan Rp560 ribu sebulan. Harga yang fantastis hanya untuk membakar tembakau.

Jika Anda benar-benar ingin menabung, coba hentikan kebiasaan merokok secara perlahan.

Simak kebiasaan yang membuat kantong kering di halaman berikut.

Belanja hanya karena murah bukan butuh

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK