Cara Diet Mayo yang Benar untuk Turunkan Berat Badan

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 19/06/2021 06:16 WIB
Diet mayo adalah program diet populer yang mudah dijalankan. Anda bisa mengkuti cara diet mayo yang benar untuk menurunkan berat badan. Diet mayo adalah program diet populer yang mudah dijalankan. Anda bisa mengkuti cara diet mayo yang benar untuk menurunkan berat badan.(Foto: iStockphoto/asiandelight)
Jakarta, CNN Indonesia --

Diet mayo adalah salah satu program diet terpopuler yang mudah dijalankan. Anda bisa mengikuti cara diet mayo yang benar untuk menurunkan berat badan.

Diet mayo dikembangkan oleh para ahli yang tergabung di salah satu klinik terkemuka di Amerika Serikat, Mayo Clinic. Panduan diet mayo ini terdapat dalam buku yang dirilis klinik tersebut.

Berdasarkan buku tersebut, diet mayo adalah diet yang mengubah pola makan seseorang menjadi lebih sehat sehingga bisa menurunkan berat badan dan hidup lebih baik.


Cara Diet Mayo

Ilustrasi smoothie bowlCara diet mayo yang benar adalah dengan mengikuti pola makan sesuai dengan piramida yang sudah ditentukan yakni banyak mengonsumsi buah, sayur, dan berolahraga. (Foto: Brooke Lark via StockSnap)

Diet mayo menggunakan bantuan piramida untuk menggambarkan jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi selama menjalani diet.

Pada bagian dasar piramida atau bagian paling besar terdapat buah-buahan, sayuran, dan aktivitas fisik. Pada tingkatan berikutnya terdapat karbohidrat, lalu diikuti protein, dan lemak.

Karbohidrat yang disarankan dalam diet mayo adalah roti dan biji-bijian, jagung, dan kentang.

Jumlah kalori yang dikonsumsi ditentukan berdasarkan berat badan awal atau berkisar 1.200-1.600 kalori per hari untuk wanita dan 1.400-1.800 kalori untuk pria.

Diet mayo memiliki dua fase yang harus diikuti. Fase pertama, berlangsung selama dua minggu yang dirancang untuk penurunan berat badan. Setelah melewati fase pertama dengan baik diperkirakan berat badan akan turun sekitar 2,7-4,5 kg.

Fase kedua bertujuan untuk menjalankan fase pertama secara berkelanjutan. Diperkirakan berat badan akan tetap seimbang atau berkurang 0,5-1 kg per minggu.

Selain melakukan pola makan yang sehat, diet mayo juga mengharuskan untuk berolahraga selama 30 menit setiap hari. Olahraga sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan berjalan.

Terdapat pula beberapa hal yang harus dilakukan dan dihindari saat menjalani diet mayo.

Hal yang harus dihindari saat diet mayo:

Diet Restriction Concept. Portrait of young frustrated black girl with a green measuring tape around her mouthCara diet mayo yang benar adalah dengan menghindari sejumlah perilaku makan dan gaya hidup tidak sehat. (Foto: iStockphoto/Prostock-Studio)
  • Hindari makan gula tambahan.
  • Hindari ngemil, kecuali buah-buahan dan sayuran.
  • Hindari terlalu banyak daging dan susu berlemak.
  • Hindari makanan cepat saji.

Hal yang harus dilakukan saat diet mayo:

  • Makan sarapan yang sehat.
  • Konsumsi setidaknya empat porsi sayuran dan buah-buahan per hari.
  • Makan biji-bijian seperti beras merah.
  • Fokus pada lemak sehat seperti minyak zaitun. Batasi lemak jenuh.
  • Berjalan atau berolahraga selama 30 menit setiap hari.

Manfaat Diet Mayo

Diet mayo memiliki sejumlah manfaat. Berikut manfaat diet mayo:

  1. Menurunkan berat badan.
  2. Mengurangi risiko diabetes.
  3. Mengurangi risiko penyakit jantung.
  4. Menurunkan risiko stroke.

Itulah cara diet mayo yang benar untuk menurunkan berat badan serta manfaat lain dari diet mayo.

(din/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK